19 April 2016

by Glenn Kaonang

YouTube Kini Mendukung Live Streaming Video 360 Derajat dan Spatial Audio

Akhir pekan nanti, performance sejumlah artis terpilih di Coachella bisa dinikmati secara live dan dalam sudut pandang 360 derajat

Setelah sekitar setahun lebih menghadirkan dukungan terhadap video 360 derajat, YouTube kini sudah siap untuk memulai babak baru dalam tren video: live streaming video 360 derajat, menyuguhkan pengalaman immersive di saat suatu momen sedang berlangsung.

Dukungan ini sekaligus menjadi persembahan YouTube bagi para penggemar musik yang tidak bisa menghadiri event Coachella yang tengah berlangsung hingga 24 April mendatang. Sebelum-sebelumnya, YouTube sudah menyiarkan ajang tahunan tersebut secara live. Namun tahun ini, tepatnya pada akhir pekan nanti, performance dari sejumlah artis terpilih akan disiarkan secara live dan dalam sudut pandang 360 derajat.

Secara teori, perpaduan live video dan kesan immersive yang ditawarkan video 360 derajat akan membawa kita seakan-akan sedang berada dan menjalani momen tersebut, meski pada nyatanya kita sedang bersantai di kediaman dengan headset Gear VR atau Google Cardboard terpasang di kepala.

Di saat yang sama, Google turut memperkenalkan dukungan atas spatial audio, yang pada dasarnya merupakan cara penyuguhan audio secara tiga dimensi, dimana kita bisa mengenali dari titik mana suara berasal dan separasi tiap-tiap instrumen akan jadi lebih terasa.

YouTube mengklaim bahwa timnya telah bekerja sama dengan banyak pihak supaya berbagai software dari perusahaan macam VideoStitch dan Two Big Ears bisa kompatibel dengan platform YouTube. Gampangnya, semakin banyak software yang didukung, semakin banyak pula live video 360 derajat dengan spatial audio yang bisa kita nikmati.

Sebagai perkenalan, YouTube telah menyiapkan playlist khusus “Immersive Videos With Spatial Audio” yang berisikan video-video 360 derajat dengan spatial audio. Salah satu contohnya bisa Anda nikmati di bawah ini.

Sumber: YouTube Blog.