9 November 2016

by Glenn Kaonang

YouTube Kini Mulai Suguhkan Video dalam Format HDR

Resolusinya tetap sama; akan tetapi detail, kontras dan warnanya akan terlihat lebih mencolok

Populasi video 4K dan 360 derajat sudah tergolong amat banyak di YouTube. Sekarang giliran video HDR (High Dynamic Range) yang menjadi sorotan dan prioritas YouTube. Sederhananya, video HDR ini dapat menyuguhkan lebih banyak detail berkat tingkat kontras yang lebih baik, serta warna yang lebih kaya dan 'menyala'.

Penting untuk dicatat, video tidak akan kelihatan lebih tajam hanya karena berformat HDR. Resolusinya sama persis dan tidak ada penambahan pixel; akan tetapi saat ditonton menggunakan perangkat yang mendukung, perbedaan detail, kontras dan warnanya akan sangat kentara.

Masalahnya, sejauh ini masih belum banyak perangkat yang mendukung video HDR. Syarat utamanya tentu saja Anda harus memiliki TV atau monitor berlabel "HDR-ready" dan sejenisnya. Kemudian tinggal sambungkan ke komputer atau perangkat seperti Chromecast Ultra atau PS4 yang baru-baru ini mendapatkan update dukungan HDR.

Perbandingan tampilan video standar dan yang berformat HDR / YouTube

Terkesan rumit? Kita harus maklum karena tren video HDR memang baru memasuki tahap awal dan belum se-mainstream 4K. Pun demikian, ke depannya bisa dipastikan akan bermunculan TV dan monitor yang mengusung dukungan video HDR tanpa perlu mengandalkan perangkat ekstra.

Namun kalau Anda sudah memenuhi syarat-syarat di atas, Anda bisa menikmati video-video HDR di YouTube sekarang juga. YouTube sendiri sudah mengajak sejumlah kreator untuk menggarap konten HDR, di antaranya MysteryGuitarMan, Jacob + Katie Schwarz dan Abandon Visuals. Silakan memulai dengan playlist berikut.

Sumber: Engadget dan YouTube Blog. Gambar header: Pexels.