Categories

Mobile

Tidak Lama Lagi, Anda Bisa Siarkan Video Live di YouTube Lewat Ponsel

Tanpa aplikasi tambahan, siaran langsung bisa dimulai lewat aplikasi YouTube untuk Android dan iOS

Glenn Kaonang - 27 June 2016

Di tengah-tengah maraknya tren live streaming yang dimotori oleh Periscope dan Facebook Live, YouTube sepertinya juga tidak mau kehilangan momentum, apalagi mengingat mereka sudah bereksperimen dengan live streaming sejak lama – sejak tahun 2011, bertepatan dengan pernikahan putra kerajaan Inggris, Prince William.

Manuver yang diterapkan Facebook guna 'menjegal' Periscope dan Facebook Live adalah menyematkan fitur live streaming ke aplikasi mobile-nya. Jadwal peluncurannya masih belum tahu kapan, tapi bisa dipastikan aplikasi Android dan iOS-nya sama-sama akan kebagian jatah.

Berkat update ini, pengguna YouTube tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk bisa menyiarkan video secara langsung. Nantinya pada aplikasi YouTube akan muncul tombol baru berwarna merah di ujung yang bisa di-tap untuk memulai siaran live. Sebelum siaran dimulai, pengguna bisa lebih dulu memilih foto untuk dijadikan thumbnail.

Selama siaran berlangsung, sang penyiar bisa bercakap-cakap dengan para penonton secara real-time. Live streaming untuk mobile ini akan diperlakukan sama seperti video biasa, yang berarti penonton bisa menemukannya dari hasil pencarian, playlist maupun dari rekomendasi YouTube sendiri.

YouTube juga memastikan bahwa fitur live streaming secara mobile ini akan berjalan secara optimal berkat infrastruktur peerless yang diterapkan oleh YouTube. YouTube bahkan tidak segan menyebutnya lebih cepat dan lebih bisa diandalkan ketimbang platformlive streaming lainnya – apa lagi yang dimaksud kalau bukan Periscope dan Facebook Live?

Sumber: YouTube Creator Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter