Meski sudah menyuguhkan live video sejak tahun 2011, YouTube bisa dibilang cukup terlambat dalam mengadopsi tren mobile live streaming, terutama jika dibandingkan rival-rivalnya seperti Periscope dan Facebook. Secara resmi YouTube baru membuka aksesnya ke publik sejak Februari kemarin, tapi itu pun terbatas untuk pengguna dengan jumlah subscriber minimal 10.000.

Namun seperti yang telah dijanjikan, YouTube akhirnya membuka pintu akses mobile live streaming lebih luas lagi. Memang belum mencakup seluruh pengguna, tapi setidaknya angka subscriber minimum yang diminta telah diturunkan menjadi 1.000 orang.

Oke, 1.000 saja memang masih terdengar sangat banyak, apalagi di telinga mereka yang baru memulai hobi/karirnya sebagai seorang YouTuber. Entah apa alasan pastinya, namun bisa jadi YouTube memutuskan untuk tidak buru-buru dan menyediakannya ke seluruh pengguna karena ingin memastikan lebih dulu bahwa infrastruktur yang dibangunnya bisa bekerja dengan baik tanpa memperkenalkan kendala teknis pada pengguna.

Alasan lain mungkin karena YouTube ingin menerapkan semacam quality control atas konten yang diunggah secara live oleh pengguna. Membuka aksesnya ke seluruh pengguna berpotensi menghasilkan konten yang kurang layak – lihat saja Facebook, dimana platform live video-nya sempat ‘dinodai’ oleh video-video tak pantas macam aksi bunuh diri.

Namun kalau Anda sudah punya lebih dari 1.000 subscriber, pastinya Anda akan lebih mawas diri perihal reputasi dan tidak ‘merusak’ channel Anda sendiri dengan konten yang tidak layak maupun konten ilegal. Apapun alasannya, pada akhirnya YouTube kemungkinan besar tetap akan membuka aksesnya ke seluruh pengguna tanpa terkecuali.

Untuk sekarang, kalau channel Anda sudah memiliki 1.000 subscriber atau lebih, Anda bisa menyiarkan video secara live dari perangkat mobile Anda. Mobile live streaming tidak memerlukan aplikasi khusus, cukup aplikasi YouTube biasanya, namun pastikan perangkat Anda menjalankan OS Android 6.0 atau iOS 8 ke atas.

Sumber: TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.