13 November 2015

by Bambang Winarso

YouTube Music Sambangi Platform Android dan iOS

YouTube Music adalah aplikasi yang dirancang agar pengguna dapat menemukan video musik populer dengan mudah.

YouTube dulunya lebih dikenal sebagai situs tempat orang berbagi video. Seiring waktu, YouTube mulai terkontaminasi dalam artian yang positif oleh industri musik. Tak hanya label, sejumlah orang bahkan menjadi tenar karenanya.

Meski tak kehilangan traksi di sektor gambar bergerak non musik, YouTube tampaknya cukup jeli melihat perubahan itu sebagai peluang. Mereka pun menawarkan YouTube Music Key yang merupakan layanan berlangganan musik berbayar. Kemudian YouTube Red yang kabar peluncurannya masih segar di ingatan. Dari dua “mainan” itu YouTube mendapatkan pemasukan tambahan selain dari iklan dan sebagainya.

Berlanjut, kemarin waktu setempat YouTube meneruskan rencana “monetasinya” dengan meluncurkan aplikasi YouTube Music ke ranah Android dan iOS. Walaupun aplikasinya ini dilepaskan secara gratis namun fitur-fitur di dalamnya akan lebih tokcer bila pengguna terdaftar sebagai pelanggan YouTube Red.

Dari namanya Anda tentu dapat menebak apa fitur yang ditawarkan. YouTube Music adalah aplikasi yang dirancang agar Anda dapat menemukan dan mendengarkan video musik populer dari YouTube dengan mudah.

Aplikasi menyuguhkan berbagai video musik yang sesuai dengan apa yang menjadi minat penggunanya. Di samping keleluasaan bagi pengguna yang ingin memilih sendiri genre, artis dan album tertentu. YouTube Music juga mempunyai panel ”The Daily 40” yang berisi daftar putar populer, dan “On the Rise” untuk pilihan artis dan lagu terbaru populer.

Tadi sudah dikatakan bahwa fitur YouTube Music akan semakin komplet bila pengguna terdaftar sebagai pelanggan YouTube Red. Kelebihannya antara lain, pengguna dapat menikmati video musik tampa iklan, fitur pemutar musik di belakang layar, fitur audio mode tanpa video dan fitur penyimpanan offline sehingga musik didengarkan tanpa sambungan internet.

Saat ini YouTube Music sudah dapat diunduh di Play Store dan App Store, hanya saja untuk sementara baru tersedia bagi pengguna di kawasan Amerika Serikat.

Sumber berita YouTube.