6 August 2015

by Aditya Daniel

YouTube Percantik Tampilan Pemutar Video Versi Web

Sudahkah Anda membuka YouTube hari ini lewat perangkat desktop Anda? Jika sudah, apakah Anda memperhatikan perubahan tampilan pada situsnya? Ya, meski perubahan yang ditampilkan tidak terlalu mencolok, tetapi YouTube telah merilis secara resmi HTML5 terbaru pada pemutar video mereka.

Sebelumnya YouTube telah menghadirkan update besar-besaran pada aplikasi mobile Android dan menyusul untuk platform iOS, update ini dianggap penting dengan meningkatnya jumlah pengguna yang mengakses YouTube melalui perangkat mobile, baik itu smartphone ataupun tablet. Selain itu, fitur mode fullscreen juga dihadirkan oleh YouTube untuk menyajikan video portrait yang hadir di layanannya.

Kini ketika Anda memutar sebuah video dari YouTube via web dari desktop, control bar yang ada di bagian bawah video akan secara otomatis menghilang begitu tidak digunakan. Tampilan control bar pun lebih transparan jika dibandingkan tampilan versi sebelumnya.

Info Menarik: Aplikasi YouTube Hadirkan Tampilan Baru Serta Mode Fullscreen untuk Video Portrait

Progres bar kini menjadi lebih tipis, mengingatkan saya pada tampilan pemutar video YouTube di aplikasi mobile-nya. Mungkin itulah tujuan Google, agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang selaras baik ketika menggunakan aplikasi mobile ataupun mengakses situsnya melaui desktop.

Selain itu, untuk meningkatkan visibilitas di tampilan pemutar video terbaru, YouTube membuat ikon di control bar dengan porsi lebih besar dan tebal. Kemudian untuk bagian drop-down, dari pengaturan kecepatan dan kualitas yang sedang ditampilkan, juga dirombak sehingga semakin mirip dengan tampilan aplikasi mobile.

YouTube menguji coba tampilan barunya ini selama 4 bulan ke belakang sebelum akhirnya resmi dirilis. Seperti yang diungkapkan oleh Google’s Chief Business Officer Omid Kordestani, YouTube mengalami pertumbuhan yang luar biasa pesat hingga 60% per tahun dari segi waktu tayang, mencatatkan pertumbuhan tercepat dalam dua tahun terakhir.

Info Menarik: YouTube di Android dan iOS Kini Bisa Memutar Video 60 fps

Pada ranah mobile, seperti yang dikutip dari TechCrunch, YouTube sendiri mengungkapkan bahwa penggunanya bisa menghabiskan rata-rata 40 menit untuk menikmati konten dari YouTube, meningkat 50% dari tahun sebelumnya.

Dari data ini bisa disimpulkan bahwa kehadiran UI yang selaras antara desktop dengan aplikasi mobile menjadi penting. Dengan UI yang selaras di tiap-tiap platform, pengguna tak perlu repot-repot mengerti atau mempelajari antar muka setiap platform. Kembali lagi, pengalaman yang baik serta kenyamanan pengguna adalah salah satu hal yang utama ketika berbicara tentang layanan digital.

Sumber: Engadget, Google Operating System, TechCrunch