YouTube Permudah Vlogger Memblokir Komentar Spam

Sistem ini akan mencekal komentar yang mengandung tautan dan hashtag

Komentar spam sudah sejak lama menjadi masalah banyak layanan, termasuk di situs berbagi video, YouTube. Google selaku pemilik layanan juga sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengeliminasi komentar “sampah” dari orang-orang yang memanfaatkan situasi. Google mencoba mendorong upaya pemberatasan spam lebih ketat dari sebelumnya dengan menghadirkan cara penyaringan baru.

Metode baru ini dirancang bagi para pembuat video untuk membantu mereka menyaring komentar yang berpotensi spam. Ditandai dengan bubuhan tautan dan hashtags. Kehadiran tool baru ini secara langsung diumumkan oleh YouTube melalui forum Google Product dan dipublikasikan juga ke akun Twitter.

Dijelaskan, bahwa fitur baru ini memungkinkan pembuat video (creator) untuk mengatur komentar apa saja yang tampil di videonya. Mereka dapat mengatur agar komentar yang memuat tautan situs tertentu atau hashtags untuk masuk ke Held for Review, semacam wadah yang menampung komentar-komentar yang harus disetujui terlebih dahulu. Jika dirasa aman, maka pengguna dapat menyetujui komentar untuk tampil di videonya.

Penggunaan fitur ini terbilang mudah. Pembuat video cukup membuka Creator Studio – Comunity – Community Settings – Links kemudian beri tanda centang pada bagian kontak. Setelah pengaturan ini diaktifkan, komentar-komentar yang memuat dua elemen di atas tadi, akan dicekal oleh sistem.

Sumber berita Google Products.