Categories

Internet

YouTube Tambahkan Fitur Blur Objek Bergerak untuk Pembuat Video

Selain objek bergerak, fitur baru ini juga mudah diubah ukurannya dan dipindahkan

Bambang Winarso - 26 February 2016

YouTube telah sejak lama menyediakan alat khusus bagi penggunanya yang berfungsi untuk meng-edit, memotong, menambahkan musik, atau mencampurkan dua video jadi klip yang menarik. Dan sejak 2012 YouTube juga menyediakan blurring tool sebagai alat bantu menyembunyikan identitas atau informasi sensitif lainnya. Tool blurring tersebut diakui sangat membantu, dan YouTube setuju masih ada ruang yang bisa dikembangkan.

Kabar baiknya, kemarin pada hari Kamis waktu setempat YouTube resmi mengumumkan peluncuran tool Custom Blurring yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan efek blur guna menutupi objek di dalam video, bahkan untuk objek yang bergerak.

Dalam pernyataan resminya YouTube bahwa fitur ini diharapkan dapat membantu pengguna menutup informasi yang sensitif, identitas seseorang di dalam video, atau menutup pemandangan yang tidak semestinya ada tanpa harus merekam ulang kejadian di tempat yang sama.

Kunci utama dari fitur baru ini adalah kemampuannya dalam menutup objek bergerak berkat teknologi analisis gerak kembangan YouTube. Kemampuan semacam ini tidak ditemukan di tool lawas. Penggunaannya pun sangat mudah, Anda cukup membuat kotak di sekitar objek yang ingin ditutup, kemudian tool akan melakukan sisanya. Anda dapat memindahkan area blur, mengubah ukuran atau memilih kapan harus muncul dan menghilang. Tool juga dilengkapi opsi “lock” yang dapat diterapkan untuk objek tidak bergerak.

Selain itu, YouTube juga memberikan opsi penyimpanan kepada pengguna, apakah ingin menyimpannya sebagai bagian di video yang sama atau membuat salinan baru. Fitur ini baru tersedia di YouTube versi desktop.

Berikut adalah beberapa video yang menggunakan Custom Blurring tool baru.

Sumber berita YoutubeCreator dan gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter