Categories

Internet

YouTube Red Tawarkan Video Tanpa Iklan Seharga $10 Per Bulan

Glenn Kaonang - 22 October 2015

Sepanjang kiprahnya, YouTube tidak pernah menarik biaya sepeserpun kepada para penonton. Mereka mengandalkan pemasukan dari para pengiklan, sama seperti yang dilakukan Google sebagai perusahaan induknya. Dari iklan-iklan tersebut, sebagian besar memang bisa di-skip setelah beberapa saat, tapi ada juga yang harus diputar hingga selesai.

Dari situ, sejumlah penggemar berat YouTube pun mulai buka suara. Mereka ingin punya opsi untuk menikmati YouTube tanpa interupsi sama sekali. Mereka tidak segan jika diminta untuk membayar; toh itu juga merupakan bentuk dukungan mereka terhadap para pembuat konten favorit masing-masing.

Dan YouTube pun mengabulkannya. Mulai minggu depan, tepatnya tanggal 28 Oktober 2015, akan hadir sebuah layanan berlangganan bernama YouTube Red – rumornya tidak meleset.

Info menarik: YouTube Gaming Kini Siarkan Game Mobile dan Bawa Fitur Sponsorship

Dengan membayar $10 per bulan, Anda nantinya bisa menikmati semua video di YouTube tanpa diganggu iklan satu kali pun. Ini baru satu dari keuntungan menjadi pelanggan YouTube Red. Selebihnya, Anda akan mendapat opsi untuk menyimpan video secara offline dan kemampuan menjalankan video di background.

Itu saja? Tentu tidak. Mulai tahun depan, para pelanggan YouTube Red juga akan mendapatkan akses ke konten-konten eksklusif dari bintang-bintang terbesar YouTube. Salah satunya adalah serial berjudul "Scare PewDiePie", yang merupakan kolaborasi antara pembuat serial TV The Walking Dead dan pemilik channel YouTube dengan jumlah subscriber terbanyak tersebut.

Lalu bagaimana dengan pengguna YouTube yang tidak berlangganan? Google menegaskan bahwa tidak akan ada yang berubah. Mereka tetap bisa menikmati semua konten yang tersedia tanpa terkecuali. Hanya saja, mereka tetap akan menjumpai iklan di sini dan di sana, serta tidak bisa menikmati konten eksklusif yang memang ditujukan buat para pelanggan YouTube Red tadi.

Info menarik: YouTube Singkap Kebiasaan Masyarakat Indonesia Menonton Video

Dalam kesempatan yang sama, Google rupanya juga mengumumkan kehadiran aplikasi baru bernama YouTube Music yang akan dirilis dalam waktu dekat. Sederhananya, aplikasi ini merupakan bentuk upaya YouTube dalam meramaikan tren musik terkurasi yang menjadi tema utama di kompetisi layanan streaming musik.

Setiap video yang Anda like di YouTube Music akan disimpan dalam suatu playlist yang bisa diputar secara offline. Anda bisa memilih kualitas video yang hendak disimpan, atau kalau Anda memang hanya mementingkan musiknya saja, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk audio only.

Seperti yang saya singgung, YouTube Red akan tersedia mulai 28 Oktober mendatang, tapi baru di Amerika Serikat saja, dimana pengguna bisa menjajalnya secara gratis selama satu bulan. Google telah berjanji untuk membawa YouTube Red ke kawasan lainnya sesegera mungkin, jadi harap bersabar.

Sumber: YouTube Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter