12 May 2016

by Glenn Kaonang

YouTube Sedang Menguji Fitur Chatting untuk Aplikasi Mobile

Pengguna bisa berbagi video maupun bercakap-cakap dengan pengguna lain tanpa harus meninggalkan aplikasi YouTube sama sekali

Belum lama setelah menerapkan teknologi machine learning pada aplikasi mobile-nya, YouTube kembali menguji fitur baru yang cukup menarik. Fitur bernama Native Sharing ini pada dasarnya merupakan fitur chatting di dalam aplikasi mobile YouTube.

Chatting? Ya, selama ini kita sudah terbiasa chatting mengenai sebuah video YouTube bukan? Ketika menjumpai sebuah video yang lucu atau menarik, biasanya kita akan menyalin link-nya dan membagikannya ke teman atau saudara lewat aplikasi pesan instan, email atau media sosial.

Namun berkat Native Sharing, semua itu bisa berlangsung di dalam aplikasi YouTube. Nantinya akan muncul sebuah tab baru di dalam aplikasi mobile YouTube sehingga pengguna bisa ngobrol dan berbagi video dengan pengguna lain tanpa harus meninggalkan aplikasi sama sekali.

Sejauh ini fitur Native Sharing baru bisa digunakan oleh sekelompok kecil pengguna YouTube saja. Pun begitu, mereka bisa mengundang siapa saja ke dalam percakapan.

YouTube mungkin berharap agar fitur ini bisa menjadi alasan lain bagi pengguna untuk menghabiskan lebih banyak waktunya di dalam aplikasi YouTube, dan tidak menoleh ke kompetitornya – Facebook dan Snapchat terutama.

Sumber: Wired.