Categories

Internet

YouTube Shorts Kini Sudah Tersedia Secara Global

Pengguna di lebih dari 100 negara kini dapat menikmati sekaligus membuat video pendek di YouTube

Glenn Kaonang - 14 July 2021

Sesuai dugaan, setelah meluncur di Amerika Serikat pada bulan Maret lalu, YouTube Shorts kini akhirnya telah tersedia secara global. Pengguna di lebih dari 100 negara, termasuk halnya Indonesia, sekarang sudah bisa menikmati koleksi video pendek yang tersedia di platform YouTube.

Layanan video pendek milik YouTube ini pertama kali hadir di India pada bulan September 2020. Dengan kata lain, YouTube butuh waktu sekitar 9 bulan untuk membawanya ke panggung global. Fun fact: perilisan global Instagram Reels juga berlangsung sekitar 9 bulan sejak awal peluncurannya di Brasil.

Shorts nantinya bakal menempati tab khusus di aplikasi YouTube, menggantikan porsi yang dulunya dihuni oleh tab Explore. Saya bilang “nanti” karena di iPhone 6S saya belum demikian meskipun aplikasinya sudah saya update ke versi yang paling baru. Pun begitu, deretan video Shorts sebenarnya sudah muncul di tab Home.

Tanpa perlu terkejut, YouTube Shorts menawarkan pengalaman kreasi sekaligus konsumsi video pendek yang sangat mirip seperti TikTok. Untuk membuat video Shorts, pengguna cukup mengklik tombol “+” di halaman utama aplikasi YouTube, lalu pilih opsi baru berlabel “Create a Short” di bawah tombol “Upload a video”.

Di situ kita juga bisa melihat bahwa Shorts sejauh ini masih berstatus beta. Hal ini mengindikasikan bahwa YouTube masih berniat untuk menambahkan lebih banyak fitur buat Shorts. Untuk sekarang, fitur-fiturnya sendiri sudah tergolong cukup lengkap, dan pengguna juga bisa menambahkan musik dari koleksi berlisensi yang tersedia.

Selagi menonton video Shorts, pengguna dapat mengusap layar ke atas atau bawah untuk berganti dari satu video ke yang lain, sama persis seperti di TikTok. Durasi videonya pun bervariasi antara 15 sampai 60 detik.

Ironisnya, TikTok belum lama ini justru menambah batasan durasi video dari satu menit menjadi tiga menit. Jadi di saat kreator TikTok tengah sibuk bereksperimen dengan video-video yang berdurasi lebih panjang, kreator YouTube justru diajak bermain-main dengan format yang lebih pendek dengan adanya YouTube Shorts.

Sumber: Mashable dan YouTube.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter