Categories

Social Media

YouTube Shorts Mulai Merambah Kawasan Lain, Dimulai dari Amerika Serikat

Alternatif terhadap TikTok ini sebelumnya cuma tersedia di India saja

Glenn Kaonang - 2 March 2021

Di titik ini, tidak ada lagi yang bisa menyangkal popularitas TikTok. Tren video pendek sebenarnya sudah ada sejak dulu, tepatnya ketika Vine masih eksis sebagai platform untuk berbagi video. Namun kalau bukan karena TikTok, saya yakin tidak akan ada yang namanya Instagram Reels maupun YouTube Shorts.

Ya, seperti yang kita tahu, baik Instagram maupun YouTube sekarang sama-sama punya semacam channel khusus untuk video-video pendek, yang jelas sekali ditujukan sebagai alternatif terhadap TikTok. Yang berbeda, Instagram Reels sudah tersedia untuk seluruh pengguna tanpa terkecuali, sedangkan YouTube Shorts sejauh ini baru tersedia di dua negara saja.

Sekadar mengingatkan, YouTube Shorts pertama kali diluncurkan pada September 2020 buat para kreator di India. Mengapa India? Well, karena TikTok sudah diblokir di negara tersebut sejak beberapa bulan sebelumnya, dan YouTube pun melihat ini sebagai peluang emas untuk menguji alternatif yang mereka persiapkan.

Seperti di TikTok, YouTube Shorts memungkinkan kreator untuk membuat video berdurasi 15 detik, lengkap dengan koleksi musik yang dapat dipilih sebagai pemanis. Bukan cuma proses kreasinya saja yang mirip, melainkan juga proses konsumsinya, sebab pengguna bisa mengusap layar secara vertikal untuk berpindah dari satu video YouTube Shorts ke yang lain.

Beberapa bulan berselang, YouTube Shorts kini sudah siap merambah lebih banyak lagi pengguna, dimulai dari Amerika Serikat. Kabar terbarunya, Shorts sekarang sudah tersedia di sana dalam status beta. Mengapa beta? Karena belum semua pengguna bisa menikmatinya, dan mungkin juga karena yang bisa membuat Shorts baru kalangan kreator terpilih saja.

Peluncuran YouTube Shorts di Amerika Serikat pada dasarnya bisa menjadi indikasi akan perilisan globalnya, meski mungkin kita masih harus menunggu lebih lama lagi, terutama kalau melihat kebiasaan YouTube meluncurkan fitur-fitur yang eksklusif untuk wilayah tertentu — YouTube TV contohnya.

Sebagai referensi, Instagram Reels perlu waktu sekitar 9 bulan sebelum dirilis secara global. Fitur ini pada awalnya cuma tersedia untuk para pengguna di Brasil saja pada bulan November 2019, sebelum akhirnya menyusul ke semua negara pada bulan Agustus 2020.

Sumber: XDA Developers.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id