Categories

Internet

YouTube Uji Fitur Explore di Aplikasi iOS-nya

Isinya konten-konten yang normalnya tidak akan pengguna jumpai, namun masih terpersonalisasi

Glenn Kaonang - 25 July 2018

Belum lama ini, Instagram memperbarui fitur Explore-nya dengan tujuan mempermudah pengguna menemukan konten yang lebih bervariasi, beserta topik dan channel yang mungkin disukai masing-masing. Sekarang, giliran YouTube yang tengah menguji fitur serupa.

Pengujian ini hanya melibatkan sekitar 1% dari pengguna YouTube di platform iOS. Mereka yang beruntung bakal melihat sebuah tab baru berlabel “Explore” di aplikasi YouTube. Sebelumnya, posisi tab ini dihuni oleh “Trending”.

Namun Trending bukannya dihapus begitu saja, melainkan menjadi bagian dari Explore. YouTube pada dasarnya ingin menyuguhkan konten yang lebih bervariasi melalui Explore, konten-konten (termasuk topik dan channel) yang normalnya tidak akan pengguna jumpai. Pun begitu, semuanya masih menjunjung aspek personalisasi dan didasari oleh habit menonton masing-masing pengguna.

Eksperimen ini mereka lakukan seiring bertambah masifnya jumlah video yang diunggah ke YouTube. Di saat yang sama, Explore juga ditujukan untuk membantu para kreator menjangkau lebih banyak audiens, termasuk menyoroti kreator-kreator yang mulai naik daun, alias “on the rise”.

Untuk sekarang masih terlalu jauh untuk berasumsi terkait ketersediaan fitur ini di Android. YouTube baru mengujinya dengan segelintir pengguna saja sembari mengumpulkan feedback dari mereka.

Sumber: Variety dan Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter