YouTube Uji Teknologi Green Screen Virtual Berbasis AI untuk Smartphone

YouTube Uji Teknologi Green Screen Virtual Berbasis AI untuk Smartphone

Subjek video akan otomatis dipisahkan dari latar belakang, lalu kreator bisa memilih latar baru semudah memilih filter Instagram
Ilustrasi penggunaan green screen pada studio profesional / New York Film Academy
Ilustrasi penggunaan green screen pada studio profesional / New York Film Academy

Industri video berubah drastis sejak YouTube eksis. Green screen sekarang bukan lagi properti eksklusif milik studio film dan televisi, beberapa YouTuber yang beruntung juga mempunyai studio dengan kelengkapan profesional yang serupa. Semuanya tentu demi meningkatkan kualitas produksi konten yang dihasilkan.

Mereka yang belum begitu beruntung tidak perlu berkecil hati, sebab YouTube sedang menyiapkan solusinya melalui teknologi yang mereka sebut dengan istilah “mobile real-time video segmentation“. Supaya gampang, anggap saja ini sebagai semacam fitur green screen virtual.

YouTube pada dasarnya memanfaatkan kemajuan pengembangan AI dan machine learning untuk bisa mewujudkan teknologi ini. Hasil akhirnya, seperti yang bisa kita lihat sendiri, dapat memisahkan antara subjek dan latar belakang dengan cukup rapi. Dari situ kreator tinggal memilih latar yang hendak digunakan layaknya memilih filter di Instagram.

YouTube sebenarnya bukan yang pertama menerapkan teknologi semacam ini. Sebelumnya, aplikasi Clips buatan Apple telah menghadirkan fitur bernama Selfie Scenes untuk iPhone X. Fungsi dan hasil yang ditawarkannya kurang lebih sama, hanya saja di sini Apple memanfaatkan teknologi TrueDepth Camera milik iPhone X ketimbang murni mengandalkan AI.

Solusi yang ditawarkan YouTube bersifat lebih universal. Sayangnya YouTube baru akan mengujinya secara terbatas (hanya untuk sejumlah kreator), dan hanya untuk format baru bernama Reels. Reels sejatinya merupakan format ‘ringan’ yang terinspirasi oleh Snapchat dan Instagram Stories.

Sumber: Engadget dan YouTube. Gambar header: New York Film Academy.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…