Categories

Mobile

YouTube Versi iOS Kedatangan Gesture Baru untuk Menavigasikan Video

Usap layar ke kiri atau kanan untuk lompat ke video selanjutnya atau sebelumnya

Glenn Kaonang - 16 January 2019

Sekitar 70 persen dari sesi menonton YouTube berlangsung di perangkat mobile. Singkat cerita, ada lebih banyak pengunjung YouTube yang menggunakan smartphone ketimbang komputer, sehingga wajar apabila YouTube terus berupaya untuk menyempurnakan aplikasi mobile-nya.

Minggu ini, aplikasi YouTube versi iOS bakal kedatangan fitur baru yang sepele namun menarik, yaitu gesture swipe untuk menavigasikan video yang ditonton: usap layar ke kiri untuk lompat ke video selanjutnya yang terdapat pada daftar rekomendasi, usap ke kanan untuk kembali ke video yang terakhir ditonton.

Videonya pun akan dilanjutkan dari posisi terakhir yang ditonton. Selain dalam orientasi landscape, gesture ini juga dapat digunakan ketika perangkat dalam orientasi portrait. Kalau Anda ingat, YouTube sebenarnya juga sudah lama punya gesture double tap untuk memajukan atau memundurkan video 10 detik, dan itu sangat ideal dikawinkan dengan gesture baru ini.

Navigasi yang lebih mudah berkat gesture baru ini tentu diharapkan bisa semakin mendongkrak penggunaan YouTube di kalangan pengguna smartphone. YouTube sendiri belum lama ini juga sempat meluncurkan fitur Stories, dan itu juga salah satu upaya mereka dalam meminang hati para pengguna smartphone.

Mengapa harus sekeras itu usaha mereka? Sebab ini berpotensi memaksimalkan upaya monetisasi mereka lewat fitur-fitur seperti Super Chat misalnya. Sayangnya, YouTube sejauh ini masih belum bilang kapan gesture baru ini bakal tersedia di versi Android-nya.

Sumber: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter