Categories

Otomotif

Tiongkok Juga Punya 'Tesla Model S', Dengan Inspirasi dari Knight Rider

Glenn Kaonang - 29 July 2015

Tesla Model S resmi mendapat penantang baru yang sekelas. Namun mobil listrik baru ini bukan berasal dari AS maupun negara lain yang dikenal ahli di bidang otomotif, melainkan Tiongkok, yang sejatinya sangat terampil meniru sekaligus menyempurnakan produk yang populer – lihat saja Xiaomi.

Mobil listrik tersebut bernama Youxia X, dan tampangnya benar-benar seperti Tesla Model S. Kendati demikian, mobil ini bukan semata-mata kloning Tesla Model S tanpa sedikit pun perbedaan. Masih ada sejumlah elemen unik yang ditawarkannya.

Sebelum melanjutkan, mari membahas sedikit soal perusahaan di baliknya, Youxia Motors. Perusahaan ini didirikan oleh seorang pemuda 28 tahun bernama Huang Xiuyuan, yang juga menjabat sebagai CEO. Kalau melihat salah satu produk perdananya ini, tampak jelas bahwa Tesla memang menjadi inspirasi baginya, namun sang CEO ternyata juga berlandaskan pada inspirasi lain, yaitu Knight Rider, serial TV yang populer di tahun 80-an.

Maka dari itu, ia pun membentuk tim beranggotakan sekitar 50 orang guna merancang sebuah mobil yang mirip Tesla Model S, plus meminjam sejumlah elemen dari KITT, mobil canggih tunggangan sang aktor David Hasselhoff di film Knight Rider tersebut. Bahkan nama "Youxia" sendiri berasal dari judul serial TV Knight Rider yang disiarkan di Tiongkok.

Info menarik: Tesla Hadirkan Model S Dengan Motor Tunggal

Kembali ke mobilnya, salah satu keunikan Youxia X ada pada grille-nya di bagian depan. Grille ini sejatinya merupakan sebuah panel LED yang bisa menampilkan berbagai desain, mulai dari logo Youxia Motors (yang juga sangat mirip dengan logo Tesla) sampai gambar kepala kucing, dan tentu saja sederet LED merah yang tidak mungkin bisa dilupakan oleh penggemar serial Knight Rider.

Referensi Knight Rider terus berlanjut sampai ke interiornya, yang sekali lagi sangat mirip dengan milik Tesla Model S. Di tengah dashboard, tampak layar sentuh 17,3 inci untuk mengakses sistem infotainment. Sistem ini diklaim merupakan modifikasi dari Android 5.0 Lollipop, dan diberi nama KITT OS.

Tidak sekedar mengusung nama yang keren, KITT OS milik Youxia X ini juga mengemas konektivitas yang cukup lengkap. Berdasarkan klaimnya, sistem ini bisa disambungkan dengan berbagai perangkat Android maupun iOS, termasuk halnya Apple Watch. Lebih lanjut, pemilik mobil bahkan bisa memilih suara mesin mobil-mobil populer – Ferrari LaFerrari! – yang akan diputar di dalam kabin, menyesuaikan dengan kinerja motor elektrik miliknya.

Info menarik: Mercedes-Benz E-Class 2017 Bisa Jadi Mobil Paling Pintar yang Pernah Ada

Bicara soal motor elektrik, ada tiga varian Youxia X yang akan ditawarkan: 40 kWh, 60 kWh dan 85 kWh. Masing-masing memiliki jarak tempuh 220 km, 330 km dan 460 km. Soal kecepatan, akselerasi 0-100 km/jam bisa ia tempuh dalam waktu 5,6 detik, sedangkan tenaganya sendiri berkisar 348 hp.

Di atas kertas, Youxia X tampak sangat menjanjikan; Anda akan lebih terkejut lagi mengetahui banderol harganya. Youxia X rencananya akan dijual dengan kisaran harga $32.000 – $48.000. Pun demikian, masih ada satu tantangan yang harus diselesaikan: Youxia X baru akan diproduksi tahun depan, dan penjualan baru bisa dimulai paling tidak di awal tahun 2017.

Sumber: Car News China dan Autoblog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter