Categories

Mobile

YU, Smartphone Kolaborasi Micromax dan Cyanogen Debut Bulan Depan?

Bambang Winarso - 20 November 2014

Cyanogen dan Micromax diketahui menjalin kerja sama dalam bidang pengembangan smartphone berbasis CyanogenMod sejak Oktober lalu. Perkembangan terbar, keduanya tampak sedang bersiap menghadirkan perangkat smartphone CyanogenMod pertama ke pasar India sebagai basis pemasaran Micromax dengan brand YU.

Micromax YU beroperasi dengan Android namun dengan versi piranti lunak yang sudah dimodifikasi oleh Cyanogen, Inc yang juga berada di balik rancangan sistem operasi smartphoneOnePlus One dan juga Oppo N1 CyanogenMod Edition.

Versi yang digunakan oleh Cyanogen sendiri masih Android 4.4 KitKat dan sudah diinstal di 12 juta perangkat di seluruh dunia. Pemilihan Cyanogen oleh Micromax ditengarai merupakan sebuah strategi bisnis terutama untuk menghalau serangan Xiaomi yang sudah mendarat di India.

 

Info Menarik: Seperti Inikah Rumah Pintar Idaman Anda?

 

Selain sistem operasi yang unik YU juga memiliki sederet spek yang menawan di antaranya layar berukuran 5 inci, kamera utama 18MP, prosesor octa-core dari MediaTek, disertai RAM 2GB dan memori internal 16GB plus dukungan microSD.

Belum ada pengumuman resmi dari pihak Micromax terkait brand barunya ini, namun menurut salah satu petinggi Micromax, YU diharapkan jadi kunci pengubah peta persaingan perangkat di India. Upaya menjegal Xiaomi kian ketara dari keterangan pihak Micromax yang memastikan bahwa perangkat-perangkat keluaran YU nantinya hanya dijajakan secara online, yang mana merupakan strategi Xiaomi selama ini.

Menariknya berdasarkan lansiran GSMArena, Micromax tetap akan memberikan garansi meskipun perangkat sudah di-root oleh pengguna. Jaminan tentu jadi nilai lebih yang belum diolah oleh vendor manapun. Lebih lanjut kabarnya brand YU juga akan melebarkan sayap ke sektor smartwatch dan smart bands.

Smartphone perdana Micromax YU ini rencananya akan dirilis bulan depan dengan tanggal yang belum diketahui. Namun bila kabar ini tidak meleset, dalam hitungan minggu kita sudah dapat melihat rupa smartphone perdana kolaborasi Micromax dan Cyanogen.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header Phandroid.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter