Categories

Gadget

Dengan Controller Ini, Anak Kecil Pun Bisa Kendalikan Drone

Glenn Kaonang - 15 October 2015

Ada banyak macam dan merek drone, tapi pada umumnya controller yang menemani mengusung prinsip yang sama, yakni mengandalkan sepasang joystick untuk mengendalikan pergerakan sang robot terbang. Tentunya tidak semua orang piawai mengoperasikan perangkat kendali semacam ini, dan pabrikan drone pun berusaha menawarkan solusi dalam bentuk penerbangan otomatis.

Namun pabrikan drone asal Tiongkok, Yuneec, punya visi yang berbeda. Mereka sudah menawarkan beberapa mode penerbangan semi-otomatis pada drone buatannya, akan tetapi hal itu sebenarnya tidak menyelesaikan permasalahan; pengguna masih kesulitan ketika harus menggunakan controllerdrone. Dari situ Yuneec datang membawa ide yang cukup unik.

Bernama Typhoon Wizard, perangkat ini mempunyai wujud seperti remote TV. Ia dibuat untuk menggantikan controller standar secara menyeluruh, memungkinkan pengguna untuk menerbangkan drone hanya dengan mengarahkan remote ke udara.

Info menarik: Tak Cuma Merekam 4K, Drone Ini Bisa Berfungsi Sebagai Action Cam

Pengguna hanya perlu mengandalkan satu tangannya saja saat menggunakan Typhoon Wizard. Semua parameter terbang, mulai dari kecepatan sampai tingkat ketinggian, bisa diatur lewat tombol-tombol yang ada pada remote. Selanjutnya Anda bisa mengarahkan remote ke titik tertentu, dan drone akan terbang mengikutinya.

Typhoon Wizard kompatibel dengan lini drone Typhoon buatan Yuneec. Pengguna bahkan bisa mengaktifkan mode penerbangan semi-otomatis drone Typhoon – Watch Me, Follow Me, Dynamic Return to Home – menggunakan remote ini.

Yuneec Typhoon Wizard akan segera dipasarkan seharga $200. Paket penjualannya mencakup sebuah kabel microUSB dan strap tahan air. Harga ini memang tergolong mahal untuk sebuah controller, akan tetapi sejauh ini tampaknya tidak ada cara mengendalikan drone yang lebih mudah ketimbang menggunakan Yuneec Typhoon Wizard.

Sumber: PR Newswire dan Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter