Categories

Mobile

Z Launcher Beta Sudah Bisa Diunduh Dari Google Play, Coba Yuk!

Bambang Winarso - 19 November 2014

Bersaaan dengan diluncurkan Nokia N1, Nokia yang pernah tenar dengan ponsel symbian tersebut kembali membuat kejutan dengan meluncurkan versi beta Z Launcher ke Google Play secara gratis. Itu artinya, kita bisa mencobanya sekarang!

Pasca melego divisi perangkat ke Microsoft, tak banyak pergerakan ‘wah’ Nokia. Baru semalam tirai yang menutup produk Nokia dibuka dan lahirlah Nokia N1 yang sebelumnya juga muncul dalam teaser. Kemudian peluncuran Z Launcher ke Google Play menjadi sajian pamungkas yang manis.

Sebagai penyegaran, Z Launcher ini pertama kali hadir pada bulan Juni lalu (dalam versi akses terbatas), menjadi langkah lanjutan Nokia di segmen piranti lunak Android paska akuisisi Microsoft. Tapi jangan lupa bahwa Nokia juga masih punya garapan lain yakni HERE Maps yang tak kalah populer di berbagai platform mobile.

Seperti yang pernah TRL ulas, Launcher ini menekankan kemudahan penggunaan bagi pemilik smartphone. Berbeda dengan launcher pada umumnya, Z Launcher justru hanya menampilkan dua halaman, satu halaman tatap muka utama dan satu lagi halaman panel pengaturan.

Sisi ‘smart’ paling ditonjolkan oleh Nokia adalah aplikasi ini mampu mempelajari perilaku atau aktivitas penggunaan aplikasi dan secara otomatis akan menampilkan aplikasi yang paling sering digunakan dalam daftar saran selama menggunakan aplikasi launcher.

 

Info Menarik: [Review] Xiaomi Redmi Note

 

Walaupun hanya menampilkan satu halaman, dengan Z Launcher Anda tetap dapat mengakses semua aplikasi berkat fitur Scribble. Caranya sangat unik, Anda cukup menuliskan karakter pertama aplikasi. Misalnya Anda ingin membuka aplikasi BBM, cukup tuliskan inisial B maka Launcher akan menampilkan semua aplikasi yang berawalan atau memiliki karakter huruf B.

Atau misalnya lagi Anda ingin membuka aplikasi Path, tuliskan karakter P, maka yang muncul juga adalah aplikasi dan nomor kontak yang memiliki karakter huruf tersebut.

z launcher

Jika dirasa hasilnya kurang akurat, tambahkan satu karakter lagi sehingga daftar saran aplikasi yang ditampilkan pun akan makin sedikit dan hasil akan lebih akurat. Tapi bukan hanya aplikasi lho, Launcher juga akan menampilkan nama kontak yang sering Anda hubungi baik melalui pesan singkat ataupun panggilan.

Sayangnya saat mencobanya sendiri, Z Launcher terlalu sederhana buat saya. Tapi bagi Anda yang menyukai hal-hal sederhana atau yang tampilan minimalis, launcher ini adalah  pilihan yang paling tepat. Untuk mengunduh Z Launcher, silahkan ke tautan ini.

Sumber berita PhoneArena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id