Categories

Internet

Z Launcher, Launcher Android dari Nokia

wiku - 23 June 2014

Beberapa hari yang lalu launcher buatan tim Nokia (yang terpisah dari proses pembelian oleh Microsoft) memperkenalkan launcher untuk perangkat Android yang diberi nama Z Launcher.

Rilis launcher ini masih secara bertahap dan belum tersedia di Play Store, Nokia menaruh tautan langsung di situs resmi Z Launcher. Lalu seperti apa launcher dari Nokia ini, mari kita lihat.

Pada dasarnya launcher ini mau mempermudah penggunaan smartphone Android penggunanya, terutama untuk urusan akses aplikasi dan beberapa informasi lain yang ada di smartphone. Saat ini Z Launcher menghadirkan dua tampilan utama, yang pertama berisi aplikasi yang paling sering digunakan serta yang satu lagi adalah akses untuk semua daftar aplikasi.

Dari penjelasan di blog resmi, Z Launcher ini nantinya akan mempelajari perilaku atau aktivitas penggunaan aplikasi selama Anda menggunakan dan secara otomatis akan menampilkan aplikasi yang dibutuhkan pada waktu yang tepat.

Selain itu, fitur yang bagi saya menarik adalah Scribble, ini menjadi semacam shortcut atau pencarian untuk aplikasi dan beberapa konten lain di smartphone dengan hanya men-swipe pada layar membentuk abjad tertentu. Misalnya, saya men-swipe huruf ‘A’ di tampilan layar awal smartphone, maka Z Launcher nantinya akan menampilkan aplikasi dengan huruf awal A atau aplikasi yang namanya mengandung huruf ‘A’. Anda juga bisa menggabungkan atau mengkombinasikan beberapa huruf untuk mencari dan menjelajah konten yang ada di smartphone.

 

Info menarik: Game Android Pilihan 16 – 22 Juni 2014

 

Tidak hanya aplikasi, dari hasil mencoba beberapa kali, saya menemukan bahwa Z Launcher sebenarnya juga menampilkan juga nama relasi yang masuk di buku telepon smartphone saya, bahkan launcher ini juga menampilkan beberapa tautan artikel. Kalau dipenjelasan blog resmi, to-do-list juga akan ditampilkan dalam pencarian dengan fitur Scribble.

Z Luncher memang menghadirkan tampilan yang minimalis serta fitur yang juga berfokus untuk memudahkan penggunaan smartphone Android penggunanya. Jika Anda lebih menyukai launcher yang menghadirkan banyak fitur seperti kustomisasi, bisa jadi Z Launcher bukan untuk Anda.

Tetapi bagi mereka yang ingin memiliki launcher minimalis yang fokus akan beberapa fungsi serta memudahkan mencari aplikasi dan beberapa konten lain secara cepat, Z Launcher bisa jadi pilihan.

Sayangnya Z Launcher dari Nokia ini baru tersedia secara versi beta dan terbatas, rilisnya masih pre-beta. Jadi Anda yang terlewat untuk mengunduhnya beberapa waktu lalu belum bisa menikmati launcher ini, beruntung saat proses unduhan masih dibuka saya sempat mengunduhnya.

Nokia akan mengumpulkan umpan balik dari para pengguna awal untuk meningkatkan fasilitas dan fitur di Z Launcher, disebutkan bahwa nanti akan ada update untuk versi terbaru, tambahan fitur serta tentunya ketersediaan yang lebih luas.

Tidak ada keterangan resmi kapan versi beta atau versi umum akan dirilis, Anda yang penasaran bisa ikuti di situs resmi atau akun Twitter Z Launcher serta tentunya pantau terus Trenologi.com.

Berikut beberapa screenshot dari Z Launcher (catatan foto background adalah foto dari smartphone saya sendiri bukan bawaan launcher. Saya mencoba Z Launcher di perangkat Asus ZenFone 5 – tanpa root).

 

 

 

 

Introducing Z Launcher from Nokia Z Launcher on Vimeo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter