25 January 2016

by Glenn Kaonang

ZCast Adalah Layanan untuk Menyiarkan Atau Mendengarkan Podcast Secara Live

Ibarat Periscope, tapi khusus untuk podcast

Berkat Periscope dan Meerkat, semua orang kini bisa dengan mudah menyiarkan video secara langsung ke mata dunia. Di tahun 2016 ini, tren live broadcasting dan live streaming ini tak akan kehilangan pamor begitu saja. Malahan, tren ini sekarang merambah bidang podcast dengan adanya layanan baru bernama ZCast.

ZCast bisa dibilang sebagai Periscope-nya dunia podcast. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyiarkan podcast secara live, dan para permisa pun juga bisa mendengarkannya secara langsung. Hal ini jelas berbeda dengan konsep podcasting pada umumnya, dimana biasanya para penyiar akan melakukan perekaman terlebih dulu, mengedit isinya, barulah kita bisa mendengarkan hasil akhirnya.

Yang dibutuhkan untuk menggunakan ZCast adalah sebuah akun Twitter. Selesai menyambungkan akun, Anda bisa langsung menyiarkan podcast, baik sendirian maupun ditemani oleh sejumlah rekan. ZCast juga mendukung fitur chat, yang berarti para pendengar bebas melontarkan pertanyaan, dan penyiar pun bisa menjawabnya secara real-time.

Buat para pendengar, laman utama ZCast akan menampilkan daftar podcast yang tengah disiarkan, lengkap dengan jumlah pendengarnya. Di sini juga akan ditampilkan sederet podcast lain yang sudah dijadwalkan untuk tayang ke depannya, lengkap beserta informasi tentang siapa saja pembicara yang akan tergabung ke dalamnya.

Podcast-nya menarik? Langsung undang teman Anda untuk ikut mendengarkan. Atau Anda juga bisa membagikan link-nya ke Twitter. ZCast saat ini sudah bisa diakses langsung dari web. Kalau Anda menggunakan iPhone, Anda bisa mengunduh aplikasinya di App Store.

Sumber: SlashGear.