Zedcon Dapat Mengontrol Lampu LED Berdasarkan Musik

Tahukah Anda bahwa cahaya dan warna dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang? Jika Anda tidak percaya, ketahuilah bahwa sejumlah studi telah mengamini korelasinya.

Dari situlah muncul ide seperti Philips Hue, yang sederhananya merupakan sebuah lampu bohlam LED yang bisa digonta-ganti warna cahayanya sesuai keinginan. Kemampuan tersebut lalu dipadukan dengan konektivitas nirkabel guna mempermudah pengguna mengontrolnya.

Berlandaskan gagasan yang tidak jauh berbeda, hadir sebuah produk serupa bernama Zedcon. Zedcon merupakan sebuah controller pintar untuk LED strip yang bisa diakses melalui perangkat mobile.

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin ada yang bertanya, “Mengapa LED strip, bukan bohlam?” Menurut Zedfy selaku tim pengembang Zedcon, LED strip bisa ditempatkan di berbagai titik yang sekiranya tidak memungkinkan untuk sebuah bohlam.

Info menarik: Switchmate, Sakelar Pintar yang Bisa Dikendalikan via Smartphone

Oke, saatnya membahas kepintaran Zedcon. Pertama dan yang paling sederhana, Anda bisa menyala-matikan atau melakukan pengaturan cahaya dan warna LED strip-nya melalui aplikasi pendamping Zedcon di Android atau iOS.

Tiap-tiap bohlam kecil pada LED strip tersebut bisa Anda ubah warnanya sesuai standar RGB, yang mencakup lebih dari 16 juta warna. Artinya, LED strip ini bisa menyala dalam berbagai warna secara bersamaan, berbeda dengan LED strip tradisional yang cuma bisa menyala dalam satu warna.

Variasi warna dalam satu LED strip ini juga bisa memberikan efek bergerak yang manis, menciptakan nuansa tersendiri di dalam ruangan. Dan itulah yang sejatinya dituju oleh Zedcon.

Controller-nya telah dilengkapi sebuah mikrofon sekaligus chip pengolah musik. Kolaborasi kedua komponen ini memungkinkan Zedcon untuk menganalisa musik yang tengah diputar di dalam ruangan, kemudian mengubahnya menjadi pola pergerakan warna di LED strip.

Gampangnya, controller Zedcon akan mengubah LED strip-nya menjadi semacam visualizer yang biasa Anda jumpai di softwaremusic player. Lebih jelasnya, Anda bisa simak video di bawah ini.

Info menarik: Beam Adalah Gabungan Proyektor dan Lampu dengan Fitur Otomatisasi

Pihak pengembang Zedcon juga telah merencanakan integrasi dengan produk smart home. Contohnya, saat mesin cuci yang tersambung ke jaringan Wi-Fi rumah sudah selesai mencuci, maka Zedcon dapat memberikan notifikasi via penjaran cahaya pada LED strip-nya.

Kemudian yang tak kalah menarik adalah fitur Smart Timer. Anda bisa mengatur agar LED strip milik Zedcon berpenjar perlahan menyerupai cahaya dari matahari terbit, atau meredup dengan sendirinya saat waktu tidur buah hati Anda tiba.

Zedcon baru memulai kampanye crowdfunding-nya di Indiegogo. Pledge terendahnya dimulai di angka $79, plus $20 biaya pengiriman internasional, yang mencakup controller Zedcon, unit power supply dan satu gulung LED strip (berisi 60 bohlam LED) sepanjang 1 meter.

Sumber: Indiegogo via Digital Trends.