Categories

Gadget

Zenbo Ialah Asisten Digital Keluarga Berwujud Robot Lucu dari Asus

Tidak hanya memberikan respon ketika diperintah, Zenbo juga dapat menjadi asisten digital sekaligus teman bagi seluruh anggota keluarga

Oki Rosgani - 3 June 2016

Saat ini sepertinya era dimana keberadaan perangkat smart home hub telah menunjukkan geliatnya. Amazon telah memperkenalkan perangkat asisten digital bernama Alexa, lalu kemudian Google memiliki perangkat serupa bertajuk Google Home yang baru saja diperkenalkan pada ajang Google IO 2016 lalu. Dan kini Asus punya produk setipe bernama Zenbo.

Menariknya, pendekatan yang dibuat Asus sangatlah berbeda, tidak seperti dua perusahaan teknologi Amazon dan Google yang mengemas perangkat smart home hub mereka dengan bentuk mirip sebuah pengeras suara, Asus telah mengemas perangkat asisten digital miliknya sedikit lebih humanoid.

Diperkenalkan Asus pada perhelatan pameran elektronik akbar Computex 2016 di Taiwan (Senin 30/5), selain mengumumkan trio smartphone Zenphone 3 besutannya, perusahaan asal Taiwan ini telah memperkenalkan Zenbo, sebuah perangkat asisten digital bagi keluarga berbentuk robot yang memiliki desain unik dan lucu.

Asus Zenbo

Alih-alih memiliki bentuk kaku yang 'duduk terpaku' di atas meja, Zenbo racikan Asus ini memiliki bentuk yang sekilas mirip Apple iMac G4 atau mungkin mengingatkan Anda pada tokoh Wall-E. Zenbo juga memiliki animasi mata dan roda di bagian bawah tubuhnya, membuatnya terkesan lebih interaktif dan atraktif karena bisa berjalan menggelinding ke semua isi ruangan layaknya binatang peliharaan.

Ia dapat merespon perintah suara dan memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga mulai dari menampilkan informasi resep masakan, mesin pengingat, berbelanja ke situs e-commerce, memutar musik, membacakan cerita, mengambil foto, melakukan panggilan video, serta menangkap video dan menginformasikan kejadian di rumah pemiliknya.

Lebih jauh mengenai kemampuan Zenbo, karena ia sejatinya merupakan sebuah perangkat smart home hub, maka ia bisa terhubung dengan semua perangkat rumah pintar lainnya. Ini menjadikan pemiliknya dapat memberikan perintah suara pada Zenbo untuk mengunci pintu, mematikan atau menyalakan perangkat elektronik lainnya seperti lampu, televisi maupun pendingin ruangan.

Seperti yang kami rangkum dari situs Engadget, Jonney Shih selaku chairman Asus mengatakan bahwa pihaknya memiliki ambisi untuk bisa menyediakan robot di setiap rumah tangga. Dan Zenbo telah dihadirkan untuk bisa menjadi asisten pribadi, perangat hiburan sekaligus juga teman bagi semua anggota keluarga mulai dari anak-anak hingga manula.

Dari pemaparan yang dilakukan Jonney Shih, disebutkan bahwa robot Zenbo yang memiliki jargon 'Your Smart Little Companion' ini akan dibanderol dengan harga $599 untuk tiap unitnya, namun ia tidak menyebutkan secara detail kapan dan di negara mana saja Zenbo ini akan tersedia.

Sementara untuk saat ini, pihak Asus juga telah menyediakan toolSDK (software development kit) bagi para pengembang yang ingin menjejalkan aplikasi dan fungsi tambahan pada Zenbo agar perangkat smart home hub berwujud robot ini bisa menjadi lebih 'sakti' dan dapat memenuhi semua kebutuhan pemiliknya.

Informasi detail mengenai Asus Zenbo dapat dilihat melalui situs resminya di Zenbo.ASUS.com.

[embed]https://youtu.be/Gz5bWCna5uM[/embed]

[embed]https://youtu.be/C_wO4vmG86w[/embed]

Sumber: 1, 2 | Gambar Header: Asus Zenbo

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter