11 March 2015

by Bambang Winarso

ZenFlash dan LolliFlash, Dua Aksesoris Terbaru Asus untuk Kamera Smartphone

Seiring dengan fungsi smartphone yang kian luas, kamera ponsel dewasa ini makin dianggap penting oleh pengguna. Sejumlah vendor pun semakin serius menggarap elemen ini. Asus ambil bagian dengan memperkenalkan dua aksesoris yang ditujukan untuk mendukung aktivitas fotografi via kamera ponsel.

Yang pertama adalah ZenFlash, yang merupakan lampu Xenon flash tambahan yang dihubungkan ke perangkat Asus menggunakan kabel USB OTG. Saat terhubung, ZenFlash akan terpasang dengan posisi berada di bagian belakang perangkat. Menurut klaim Asus sebagaimana dikutip dari PhoneArena, ZenFlash mampu meningkatkan kekuatan flash 400 kali lebih terang dibandingkan flash biasa.

Dalam event yang serentak dengan peluncuran ZenFone 2 di Taiwan tersebut, sayangnya Asus tidak membeberkan apakah ZenFlash hanya dapat bekerja di perangkat ZenFone 2 atau dapat dipergunakan di seluruh perangkat Asus yang mendukung koneksi USB. Kemudian bagaimana jika disandingkan dengan perangkat merk lainnya.

Info Menarik:Perangkat Tablet Bongkar Pasang Ini Mirip Project Ara dan Bernama Click-ARM One

Selain ZenFlash, Asus juga memperkenalkan LolliFlash yang juga merupakan aksesoris kamera. LolliFlash menawarkan filter dual-tone LED standar yang dibekali baterai dan terhubung ke perangkat melalui koneksi jack headphone. Bentuknya juga lucu, bulat menyerupai permen lollipop sebagaimana namanya.

Ketimbang Zenflash, aksesoris ini lebih sederhana karena tidak melakukan komunikasi dengan perangkat. Artinya ketika dihidupkan atau berada di posisi ON, maka led akan tetap menyala sampai dimatikan oleh pengguna.

Lolliflash lebih mirip dengan aksesoris serupa kebanyakan. Tetapi Asus membuatnya lebih menarik karena tersedia dalam banyak filter warna seperti merah, biru atau kuning. Seperti halnya ZenFlash, untuk saat ini Asus juga belum memberikan bocoran harga dan ketersediaan perangkat. Namun untuk aksesoris kedua ini kemungkinan besar harganya tidak akan membuat kantong Anda bolong.

Sumber berita PhoneArena dan Endgadget.