Categories

Berita

Zenius Rilis Sistem Manajemen Pembelajaran Khusus Guru

Sudah digunakan oleh lebih dari 6 ribu guru di Indonesia sebelum dirilis resmi

Marsya Nabila - 26 November 2020

Zenius mengumumkan peluncuran Zenius Untuk Guru (ZuG), sistem manajemen pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru. Platform ini sudah bisa digunakan oleh guru se-Indonesia secara gratis, untuk segala mata pelajaran, dan segala jenjang pendidikan untuk memudahkan pengelolaan aktivitas pembelajaran.

Chief of Teachers’ Initiative Zenius Amanda P. Witdarmono menjelaskan, pengembangan ZuG berawal dari misi perusahaan yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikan Indonesia hingga ke tingkat global. Melalui hubungan yang terus terjalin dengan para guru, ada tantangan yang kerap dihadapi mereka, terlebih selama masa pandemi.

Contohnya adalah mencari bahan materi belajar yang menarik, membuat soal ujian yang cocok dengan tingkat kognitif dan pemahaman siswa, dan menilai hasil pekerjaan siswa. Kemudian, guru juga harus mendesain kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, memotivasi, dan mudah diterima meski tidak berinteraksi langsung dengan siswa.

“ZuG harir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran, secara spesifik dalam membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa,” ujar Amanda dalam keterangan resmi, Kamis (26/11).

Sebelum dirilis resmi, ZuG telah diakses oleh lebih dari 6 ribu guru di Indonesia untuk mendapatkan masukan dan menyempurnakan platform lebih jauh.

ZuG meringkankan beban kerja guru dalam membuat materi pelajaran dan soal ujian dengan memberikan akses pada bank materi Zenius, memungkinkan para guru untuk menciptakan kelas daring, mengelola tenggat waktu pekerjaan rumah siswa, penilaian otomatis, hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan.

Menurutnya, dengan sistem manajemen pembelajaran ini, para guru bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal yang mereka kuasai, meningkatkan interaksi pembelajaran yang berkualitas, sehingga siswa memiliki keterampilan literasi dan numerasi yang tinggi. ZuG itu sendiri dapat diakses melalui situs resminya.

Dalam paparan sebelumnya, Co-Founder & Chief Education Officer Sabda PS. menuturkan perusahaan akan terus mempertahankan akses gratis selamanya, meliputi 80 ribu konten video konsep, latihan soal, dan jawaban, demi menargetkan 30 juta pelajar untuk menggunakan Zenius.

Adapun, saat ini perusahaan mengklaim sudah memiliki 15,7 juta pengguna yang tersebar di 300 kota dan kabupaten.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id