Kredivo Luncurkan Fitur “Zero-Click Checkout” untuk Percepat Transaksi di E-commerce

Kredivo Luncurkan Fitur “Zero-Click Checkout” untuk Percepat Transaksi di E-commerce

Saat ini baru tersedia di Tokopedia, berangsung ke platform lain September mendatang
Tim Kredivo saat peluncuran fitur Zero-Click Checkout
Tim Kredivo saat peluncuran fitur Zero-Click Checkout

Pengembang layanan kartu kredit virtual Kredivo merilis fitur Zero-Click Checkout. Tujuannya untuk memantapkan posisi perusahaan sebagai metode pembayaran paling cepat yang dapat diakses di platform e-commerce.

Transaksi dari e-commerce masih mendominasi peminjaman uang di Kredivo. CTO Kredivo Alie Tan mengatakan, fitur Zero-Click Checkout dibuat bukan karena motivasi kecepatan belaka, namun meminimalkan drop rate yang terjadi pada saat konsumen melakukan pembayaran di e-commerce.

“Jadi misalnya waktu user memasukkan OTP, user malas memasukkan nomor handphone atau lupa PIN. Kita ingin memecahkan masalah itu, kita ingin zero friction,” ujar Alie.

Sebelum fitur anyar ini diperkenalkan, proses pembayaran melalui Kredivo di e-commerce hanya melalui dua kali klik. Dengan Zero-Click Checkout ini, pengguna dapat menyelesaikan pembelian di e-commerce seketika mereka mengeklik Kredivo sebagai metode pembayarannya.

Fitur ini dimungkinkan karena Kredivo sudah menyimpan kredensial penggunanya sehingga pada saat pembayaran tak ada lagi permintaan mengisi sejumlah kolom. Kendati begitu, Kredivo menyebut kredensial itu kapan pun dapat dihapus oleh pengguna.

Perihal keamanan fitur ini, Head of Product Kredivo Iswara Gozali menjamin pihaknya punya mekanismen untuk mendeteksi kejadian yang tak diinginkan. Iswara mencontohkan jika ada orang yang tak berhak memakai dan bertransaksi menggunakan akun seseorang, sistemnya dapat membaca hal itu.

“Kita akan mendeteksi transaksi anomali dan akan mengujinya denga kode OTP yang dikirim ke nomor pemilik,” kata Iswara.

Kredivo berharap fitur baru ini dapat memangkas hambatan untuk checkout dan menggenjot penjualan merchant yang diklaim sudah naik 30 persen selama fitur diperkenalkan.

Untuk sementara waktu, Zero-Click Checkout ini hanya tersedia di Tokopedia dan berangsur-angsur muncul di e-commerce lain pada September besok. Mereka menargetkan fitur ini dapat meningkatkan pencapaian mereka yang saat ini sudah mengumpulkan 1 juta pengguna, 250 mitra merchant e-commerce, dan 3 juta transaksi per bulan.

“Ke depannya kita juga mau fokus ke growth 3-4 kali dan melakukan inovasi-inovasi lain,” pungkas Alie.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…