27 January 2017

by Glenn Kaonang

ZeroTech Rollcap Tantang GoPro dengan Perekaman 4K dan Gimbal 3-Axis

Janjikan hasil rekaman video yang mulus dan sangat minim guncangan

Tidak bisa dipungkiri, GoPro Hero5 Black merupakan salah satu action cam terbaik yang ada di pasaran saat ini. Namun kalau diminta untuk menyebutkan satu kekurangannya, saya akan menjawab image stabilization; Hero5 hanya mengemas electronic image stabilization, sedangkan rivalnya dari Sony lebih unggul dengan optical image stabilization.

Fitur ini tergolong cukup penting karena pada dasarnya Anda bisa mendapatkan hasil rekaman video yang lebih mulus dan minim guncangan dengan optical image stabilization. Akan tetapi kalau Anda mau yang lebih efektif lagi, Anda harus mencari yang dilengkapi gimbal 3-axis, macam yang terdapat pada kamera milik drone besutan DJI.

Kalau itu yang Anda incar, pabrikan drone asal Tiongkok, ZeroTech, punya penawaran yang sangat menarik. Mereka baru saja memperkenalkan sebuah action cam istimewa bernama Rollcap. Bukan sembarang action cam, Rollcap didesain supaya penggunanya tidak perlu mengandalkan aksesori seperti Karma Grip.

Desain Rollcap mirip gelas minuman dingin yang Anda dapat dari kedai kopi di dalam mall / ZeroTech

Harus saya akui, desain Rollcap bukan yang tercantik dalam segmen action cam. Ia tampak seperti gelas minuman dingin yang biasa Anda dapat dari kedai kopi di dalam mall, lengkap dengan bagian penutup jika Anda meminta tambahan whipped cream. Di balik kubah mini tersebut, bernaung sebuah kamera yang menancap pada gimbal yang bisa bergerak pada tiga poros untuk mengompensasikan guncangan.

Kameranya juga tidak sembarangan, sanggup merekam video 4K dan mengambil foto 13 megapixel dalam sudut pandang seluas 94 derajat. Fitur-fitur modern seperti mode slow-motion, burst, time lapse dan HDR juga tersedia, dan semua ini bisa dikontrol melalui smartphone.

Sisi bawah Rollcap dilengkapi mount untuk tripod, monopod maupun aksesori lainnya / ZeroTech

Fisik Rollcap terbilang cukup ringkas, dengan dimensi 112,5 x 55 x 55 mm dan bobot 219 gram. Terdapat mount untuk tripod atau monopod di sisi bawahnya, sedangkan baterainya diperkirakan bisa bertahan selama 110 menit ketika dipakai untuk merekam video 4K.

Secara keseluruhan, ZeroTech Rollcap merupakan alternatif yang cukup menarik untuk GoPro Hero5 Black, terutama jika Anda sangat memprioritaskan aspek image stabilization. Jadwal rilisnya belum diketahui, tapi dipastikan tahun ini juga, dengan banderol harga berkisar $500 - $600.

Sumber: DPReview.