Categories

Gadget

Zhiyun Z1-Evolution Pastikan Rekaman GoPro Anda Mulus dan Tidak Goyang

Dilengkapi sistem stabilization 3-axis dan navigasi berbasis joystick

Glenn Kaonang - 9 February 2016

Salah satu kelebihan GoPro dibanding action cam lain adalah begitu melimpahnya aksesori yang tersedia untuknya. Mulai dari mount standar untuk diikatkan di kepala, di setang sepeda, sampai sebuah monopod istimewa yang dilengkapi sistem stabilization 3-axis macam perangkat yang satu ini.

Bernama Zhiyun Z1-Evolution, ia kompatibel dengan GoPro Hero4 Silver dan Black. Fungsinya adalah menjaga agar video yang direkam tetap mulus dan tidak terguncang-guncang, bahkan ketika Anda membawanya berlari atau duduk di atas ayunan sekalipun.

Terbuat dari aluminium, proses kalibrasinya diklaim sangat mudah dan tidak membingungkan. Selesai dikalibrasi, pengguna bisa melihat bahwa kamera GoPro yang digendong akan tetap menghadap ke depan meski monopod-nya Anda belok-belokkan atau malah Anda putar-putar.

Lalu bagaimana jika Anda hendak mengarahkan kamera ke titik lain? Jangan khawatir, Z1-Evolution dilengkapi dengan sebuah joystick empat arah sehingga Anda bebas menggerakkan pandangannya ke kiri-kanan maupun atas-bawah, dengan sudut maksimal 330 derajat.

Sistem stabilization yang efektif dan navigasi berbasis joystick ini pada dasarnya bisa menyulap kamera GoPro Hero4 menjadi seperti DJI Osmo. Lebih lanjut, Z1-Evolution masih bisa di-mount ke berbagai perlengkapan fotografi yang memakai ukuran sekrup standar 1/4 inci. Tersedia pula jack 3,5 mm yang dapat mengirimkan output video dan audio.

Perangkat ini ditenagai oleh baterai rechargeable, dengan estimasi daya tahan berkisar 12 jam. Istimewanya, ia bisa menyumbangkan daya ke kamera GoPro yang terpasang, memberinya tenaga ekstra untuk terus merekam video lebih lama lagi.

Secara keseluruhan, Zhiyun Z1-Evolution bisa menjadi salah satu aksesori andalan yang wajib dibawa bersama kamera GoPro. Sayang harganya agak mahal; Tokocamzone menjualnya seharga Rp 4,7 juta per unit. Kalau ditambah GoPro Hero4 Black yang harganya sekitar Rp 7 juta, totalnya sudah hampir Rp 12 juta.

Di sisi lain, DJI Osmo yang sama-sama bisa merekam video 4K seperti kombinasi di atas dihargai sekitar Rp 9 juta saja. Kendati demikian, kalau Anda memang sudah punya GoPro Hero4 Silver atau Black, tidak ada salahnya menggaet Zhiyun Z1-Evolution.

Sumber: Zhiyun Tech.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter