Categories

Berita

Zipmex Peroleh Pendanaan Seri B Lebih dari 585 Miliar Rupiah

Di Indonesia telah luncurkan beberapa produk dan bekerja sama dengan aplikasi investasi Pluang

Marsya Nabila - 31 August 2021

Platform jual-beli aset kripto asal Thailand, Zipmex, mengumumkan perolehan pendanaan seri B sebesar $41 juta atau setara 585 miliar Rupiah dipimpin oleh Bank of Ayudhya, bank terbesar kelima dari sisi lender di negara tersebut. Investor lain yang turut berpartisipasi dalam putaran ini adalah perusahaan media setempat Plan B Media Pcl dan perusahaan modal ventura Master Ad Pcl.

Sebelumnya, perusahaan mengumumkan pendanaan Seri A senilai $6 juta yang dipimpin Jump Capital pada awal tahun ini.

Mengutip dari Reuters, investasi tersebut membuat valuasi perusahaan melambung ke angka $52 juta (dari total pendanaan yang diterima). Zipmex akan memanfaatkan dana segar ini untuk membangun tim teknologi, memperluas rangkaian produk baru seperti pinjaman, pembayaran dan sekuritas agar basis penggunanya semakin banyak.

Mitsubishi UFJ Financial Group adalah pemegang saham mayoritas sebesar 76,9% di Bank of Ayudhya (BAY). Perusahaan ventura BAY, Krungsri Finnovate, telah berinvestasi ke sejumlah startup, salah satunya adalah Grab.

“Kesepakatan ini akan memberi BAY eksposur yang lebih besar ke blockchain dan ekosistem aset digital,” kata Direktur Pelaksana Krungsri Finnovate Sam Tansakul. "Jika kita tidak tetap dekat, teknologi akan semakin menjauh dari bank," sambung dia.

CEO Zipmex Marcus Lim mengatakan, dalam jangka pendek amunisi ini akan membantu perusahaan menggandakan pengguna menjadi satu juta dalam enam bulan ke depan. Saat ini Zipmex beroperasi di empat negara, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, dan Australia. Lebih dari separuh bisnis terbesarnya datang dari negara asalnya, yakni Thailand dan sekitar seperlima dari Indonesia.

Bisnis Zipmex di Indonesia

Di Indonesia, Zipmex beroperasi di bawah badan hukum PT Zipmex Exchange Indonesia dan menjadi salah satu dari 13 perusahaan yang telah terdaftar di Bappebti.

Salah satu produk Zipmex adalah ZipLock, layanan staking untuk mengunci aset selama 45 hari berupa ZMT (Zipmex Token) yang dimiliki pengguna. Sebagai imbalannya pengguna mendapat bunga hingga 16% per tahun yang dibayarkan setiap harinya.

Layanan staking lainnya adalah ZipUp yang merupakan produk simpanan aset kripto berbunga yang dapat ditarik kapan saja. Bunga yang ditawarkan atas aset digital yang disimpan hingga 8% per tahun and bersifat compounding artinya bunga dibayarkan setiap hari langsung ke wallet pengguna.

Di luar itu, Zipmex menyediakan platform jual-beli aset untuk lebih dari 100 aset kripto. Zipmex pun menjadi mitra teknologi untuk Pluang dalam menyediakan fitur jual beli aset Bitcoin dan Etherium di aplikasi. Perusahaan juga berinovasi dengan meluncurkan Z-Launch, Zips Marketplace, ZipNFT (Non-Fungible Tokens), ZipStocks, ZipSpend, dan Ziplend.

Di tengah meledaknya animo investor baru terhadap aset kripto di Indonesia, membuat jumlahnya kini melampaui investor pasar modal. Kemendag mencatat investor di instrumen ini tembus ke angka 6,5 juta orang dengan nilai transaksi Rp370 triliun hingga Mei 2021. Sementara jumlah SID mencapai 5,6 juta investor per Juni 2021, menurut data OJK.

Daftar platform kripto di Indonesia

Bulan Juni 2020 lalu, Bappebti mengedarkan surat pengumuman No.477.1/BAPPEBTI.4/PENG/06/2020 merilis daftar perusahaan sebagai calon pedagang fisik aset kripto. Berikut daftarnya:

PerusahaanMerekAsalPlatform
PT Crypto Indonesia BerkatTokocryptoIndonesiaWeb, Mobile
PT Upbit Exchange IndonesiaUpbitKorea SelatanWeb, Mobile
PT Tiga Inti UtamaTrivIndonesiaWeb, Mobile
PT Indodax Nasional IndonesiaIndodaxIndonesiaWeb, Mobile
PT Pintu Kemana SajaPintuIndonesiaWeb, Mobile
PT Zipmex Exchange IndonesiaZipmexSingapuraWeb, Mobile
PT Bursa Kripto PrimaBicipin
PT Luna Indonesia LtdLunoInggrisWeb, Mobile
PT Rekeningku Dotcom IndonesiaRekeningkuIndonesiaWeb, Mobile
PT Indonesia Digital ExchangeDigital Exchange IDIndonesiaWeb, Mobile
PT Cipta Koin DigitalKoinkuIndonesia
PT Triniti Investama BerkatBitoctoIndonesiaWeb, Mobile
PT Plutonext Digital Aset
Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter