25 April 2016

by Yoga Wisesa

Ziro Ialah Robot Rakitan yang Bisa Anda Kendalikan Lewat Gerakan Tangan

Melalui Ziro, developer ingin khalayak merasakan kembali serunya proses dan pengalaman belajar.

Sejumlah proyek open source membuat bidang robotik semakin mudah dijamah semua orang. Tak hanya khalayak antusias, robot kini menjadi elemen edukasi penting buat anak-anak di negara maju. Beberapa tipe sengaja dirancang menarik dan mudah dimengerti untuk memicu minat terhadap ilmu robotik, salah satunya di antara mereka ialah kreasi dari ZiroUI.

Melalui website Indie Gogo, developer dari San Jose itu memperkenalkan Ziro: sebuah kit yang memungkinkan Anda mendesain, membangun dan menggerakkan robot. Keunikannya tak sampai di sana, Anda turut diberi kendali penuh. Buat mengontrolnya, kita tinggal mengangkat sebuah jari atau mengibaskan tangan. Dan tak hanya kalangan pecinta robot yang bisa bersenang-senang, Zito juga diramu supaya bersahabat bagi pemula.

Ziro mengusung rancangan modular, terdiri dari komponen bermotor terpisah, dapat dikendalikan dengan smart glove via koneksi wireless. Robot tersebut bisa diekspansi sampai delapan modul. Anda dipersilakan memilih kit pre-made atau merakitnya sendiri dari nol. Tak ada batasan dalam bentuk apapun. Gerakan dapat diatur agar menyerupai engsel atau berputar 360 derajat, dan Anda juga dibebaskan membubuhkan mainan atau hasil cetakan 3D.

Tiga elemen penting di Ziro: modul, smart glove dan app mobile.

Yang membedakan Ziro dengan robot rakitan sejenis adalah kemudahan kustomisasi. Proses konfigurasi tak memerlukan langkah-langkah rumit, semuanya bisa dilakukan lewat aplikasi smartphone. Anda tinggal memilih fungsi (sudah disediakan) atau menciptakan perintah baru. Caranya sangat mudah; tentukan satu dari tujuh gesture, pasangkan gerakan ke modul, kemudian sinkronisasi gesture ke salah satu modul.

Setelah itu, prosedur kontrol dilakukan sepenuhnya dengan gerakan tangan. Misalnya menekuk tangan ke bawah untuk menyuruhnya maju dan mengarahkan tangan ke atas buat memerintakan robot berputar. Menurut tim pengembang, Ziro merupakan solusi di zaman 'zombi layar', sebuah generasi yang tak bisa lepas dari perangkat bergerak dan elektronik ke manapun kita pergi.

Ziro juga dapat dirakit jadi robot pterodactyl.

"Meskipun Ziro diprogram menggunakan smartphone, ia memungkinkan pengguna menciptakan objek di dunia nyata langsung lewat kedua tangan, kemudian memperbolehkan mereka mengontrolnya dengan satu tangan," jelas ZiroUI. Ziro tak memiliki target konsumen khusus, ia bisa dimanfaatkan siapapun. Melalui produk ini, developer ingin khalayak merasakan kembali serunya proses dan pengalaman belajar.

Ziro dapat Anda beli di situs Indie Gogo. Versi Starter Kit dibanderol US$ 150 (dua modul plus satu smart glove), sedangkan Ziro Pro Kit dijajakan seharga US$ 200 (smart glove ditambah empat modul).