Categories

Internet

Zirx Adalah Layanan Valet Komplet untuk Pemilik Mobil Pribadi

Glenn Kaonang - 25 April 2015

Di kota-kota besar dengan populasi yang amat padat, seperti Jakarta misalnya, mencari lahan parkir terkadang bisa membuat para pengemudi mobil sakit kepala. Selain tidak banyak lahan kosong yang tersedia, tarif yang ditawarkan – yang secara teknis merupakan biaya sewa – juga cukup mahal.

Layanan taksi privat seperti Uber atau GrabTaxi mungkin bisa dijadikan solusi. Akan tetapi saya kira ada saja alasan mengapa banyak orang masih ngotot mengemudikan mobil pribadi.

Terlepas dari idealisme masing-masing pemilik mobil, sebuah layanan bernama Zirx tampaknya ingin menawarkan solusi yang cukup menarik guna mengatasi problem soal parkir-memarkir ini. Layanan ini sejatinya merupakan layanan valet yang bisa dipanggil kapan saja konsumen membutuhkan.

Info menarik: Tarif Layanan ‘Taksi Privat’ Uber Bisa Semakin Ekonomis Berkat Teknologi Kemudi Otomatis

Cara kerja Zirx cukup simpel: buka aplikasinya di smartphone (Android dan iOS), lalu tentukan lokasi pengambilan mobil (di kantor Anda, misalnya). Setibanya di kantor, staf Zirx akan menemui Anda dan membawa mobil Anda menuju lahan parkir kosong milik mitra Zirx – bukan di pinggir jalan tentunya. Saat Anda hendak pulang, mobil akan diantar kembali menuju lokasi manapun yang Anda tetapkan.

Tarif yang dipatok adalah $15 per malam. Sebagai pembanding, di kota San Fransisco tempat markas Zirx berada, tarif parkir bisa mencapai $12 per jamnya. Zirx juga menawarkan plan bulanan seharga $299.

Selagi mobil tengah ditangani Zirx, Anda juga bisa memesan sejumlah layanan tambahan dengan biaya ekstra. Layanan yang ditawarkan di antaranya adalah pengisian bensin, ganti oli, atau cuci mobil. Ketika mobil diantar kembali kepada Anda, tangki bensinnya sudah penuh dan eksteriornya pun kinclong.

Info menarik: Dengan Teknologi Ini, Smartphone Anda Bisa Mendeteksi Terjadinya Kecelakaan Mobil

Sistem pembayaran yang diterapkan Zirx mirip dengan Uber, yakni via kartu kredit – simpel dan mudah. Soal keamanan, Zirx telah dijamin oleh asuransi senilai 2 juta dolar sehingga klien tak perlu khawatir terjadi apa-apa pada mobilnya.

Sejauh ini Zirx memang baru beroperasi di empat kota di Amerika Serikat saja, akan tetapi mereka belum lama ini berhasil memperoleh dana funding sebesar $36 juta. Bukan tidak mungkin Zirx nantinya bisa go international, mengingat Uber juga awalnya cuma beroperasi di AS saja.

Atau mungkin ada startup lokal yang berminat menawarkan layanan serupa? Toh pada akhirnya tetap konsumen-lah yang diuntungkan…

Sumber: Zirx dan Business Insider. Gambar header: Parking Car via Shutterstock. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter