Categories

Analisis

Zoho Luncurkan CloudSQL

Rama Mamuaya - 4 December 2008

Zoho hari Selasa kemarin meluncurkan CloudSQL, sebuah middleware yang memberikan akses ke data aplikasi Zoho kepada para pengembang. Akses pemanggilan data aplikasi ini dilakukan lewat Call Database.

Dengan strategi ini, Zoho membuka akses sepenuhnya yang tentunya mendukung fleksibilitas. Selama ini banyak orang yang khawatir dengan mengunakan SaS Zoho berarti mengunci data-nya hanya ke Zoho dan tidak bisa diakses oleh pengembang aplikasi lain. Rencananya, Zoho akan memberikan ijin akses ke piranti lunak pihak ketiga untuk read dan write data.

CloudSQL ini sudah mendukung ANSI, Oracle, Microsoft SQL Server, IBM DB2, MySQL, PostGreSQL dan Informix. Dan yang paling oke mengenai CloudSQL adalah : GRATIS! Namun, tidak menutup kemungkinan Zoho akan mengenakan biaya dalam waktu dekat.

Gambar Arsitektur CloudSQL ( zdnet )

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter