Categories

Interview

Zona WiFi Maksimalkan Pemasaran Digital Tempat Usaha Melalui WiFi dan Media Sosial

Ingin memperluas pasar ke 19 kota besar di Indonesia dan beberapa negara lain

Adjie Priambada - 19 June 2015

Saat ini banyak tempat usaha di tempat umum seperti cafe, mall, dan restoran telah menyediakan konektivitas WiFi secara gratis, namun tak jarang layanan tersebut menambahkan beban biaya yang tak sedikit dengan imbas tak seberapa bagi penyedia usaha. Berangkat dari alasan itu Digitized melahirkan Zona WiFi. Zona WiFi adalah sebuah platform yang dirancang untuk memaksimalkan pemasaran digital tempat usaha melalui WiFi dan media sosial.

Pada dasarnya, Zona WiFi adalah produk dari Digitized yang merupakan sebuah perusahan solusi digital yang telah bergerak sejak tahun 2013. Saat ini Digitized dipimpin oleh Martini Soejatno sebagai Chief Executive Officer, Dendi Rustandi sebagai Head of Product and IT, Santi Widyarini sebagai Head of Sales, dan Pandu Pradana sebagai Senior System Architect.

Pihak Marketing dan Public Relation Zona WiFi Faza Indriani mengatakan, “Zona WiFi hadir sebagai platform pemasaran digital yang memungkinkan pebisnis untuk mengontrol dan melakukan monetisasi  ketersediaan wifi-nya serta meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.  Dengan meningkatnya pertumbuhan‘returning customer’ dan ‘revenue’ melalui aktifitas-aktifitas marketing yang dilakukan langsung melalui dashboard Zona WiFi, Pebisnis dapat merasakan langsung manfaat yang didapatkan dengan penyediaan akses internet yang berkualitas bagi pelanggannya.”

“Pebisnis akan mendapatkan keuntungan dengan peningkatan ‘returning customer’ serta revenue-nya sementara pengunjung pelanggannya akan merasa puas dengan akses internet yang cepat dan stabil yang disediakan oleh Pebisnis serta informasi mengenai program-program yang menguntungkan pelanggan,” tambahnya.

Visi yang dibawa oleh Zona WiFi adalah untuk mensukseskan pelaku usaha dengan teknologi digital. Faza menjelaskan mereka berupaya membangun ekosistem yang dapat menjembatani antara brand dengan pelanggannya dan antara venue dengan pengunjungnya melalui jaringan WiFi yang tersedia. Dengan mengusung konsep ‘One Stop Digital Marketing Platform’, pihak Zona WiFi berusaha untuk memberikan manfaat komersial yang besar bagi pebisnis.

Model bisnis dan strategi pasar

Bagi pebisnis, Zona WiFi saat ini menerapkan sistem berlangganan per tahun untuk menggunakan layanan mereka. Namun Faza juga mengungkapkan bahwa ada beberapa fitur opsional juga yang dapat disesuaikan dengan kegiatan marketing pebisnis nantinya.

Merujuk pada halaman FAQ, Zona WiFi bukanlah ISP. Layanan ini bekerja dengan mengganti router WiFi dari pelaku usaha dengan router yang sudah terpasang dari teknologi Zona WiFi. Selain itu ada beberapa alat pemasaran digital lain yang dapat digunakan pebisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan, seperti Email Marketing, Pemasaran SMS, Survey dan Social Media Monitor. Fitur-fitur tersebut dapat diakses melalui Zona WiFi Dashboard.

“Yang membedakan Zona WiFi dengan lainnya adalah Zona WiFi memberikan keuntungan bagi Pebisnis bukan hanya untuk melakukan profiling pelanggannya, namun juga melakukan aktifitas marketing. Misalnya melalui Pop Up Ads yang dapat diatur sendiri oleh Pebisnis, pengiriman SMS marketing sebanyak 12.000 per tahun, dan pengiriman Email marketing 120.000 per tahun,” jelas Faza.

Faza menambahkan, “Saat ini Zona WiFi dipasarkan oleh beberapa channel penjualan kami baik direct maupun indirect dan kami terus mengembangkan channel penjualan lainnya.”

Untuk pelanggan yang ingin mengakses layanan Zona WiFi di tempat umum di mana layanan mereka tersedia seperti cafe, restoran, dan mall, mereka dapat memanfaatkan akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan Email untuk terhubung.

Layanan yang diberikan oleh Zona WiFi sejatinya tak jauh berbeda dengan kompetitor langsungnya WiFiMU yang digawangi oleh Silvia Liem.

Rencana dan target ke depan

Layanan Zona WiFi sendiri sudah digunakan oleh beberapa klien ternama, seperti Starbucks Cafe, Coca Cola, Hard Rock Cafe, Burger King, dan Pong Me. Jika merujuk pada situsnya, total sudah ada 31 klien yang menggunakan layanan mereka. Ke depannya, Zona WiFi ingin dapat memperluas pasar mereka ke beberepa kota besar di Indonesia.

Faza mengungkapkan, “Kami memproyeksikan jumlah pengguna Zona WiFi akan mencapai lebih dari 15.000 tempat usaha seiring dengan ekspansi yang akan kami lakukan. Kini kami sedang mempersiapkan diri untuk memperluas pasar Zona WiFi ke 19 kota besar lainnya di Indonesia dan beberapa negara lain.  Kami berharap dengan ekspansi besar-besaran Zona WiFi di beberapa kota dan negara akan meningkatkan eksistensi Zona WiFi.”

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter