Categories

Internet

Zoom Luncurkan Integrasi Aplikasi Pihak Ketiga

Berkat integrasi ini, beragam aplikasi macam Asana atau Kahoot! dapat diakses langsung dari dalam jendela aplikasi Zoom

Glenn Kaonang - 22 July 2021

Selama lebih dari satu tahun terakhir ini, Zoom telah menjadi aplikasi wajib bagi para pekerja sekaligus pelajar. Namun Zoom rupanya tidak mau berhenti sampai di situ saja. Mereka juga ingin berkembang hingga menjadi sebuah platform yang menawarkan integrasi berbagai macam layanan.

Layanannya tidak harus bikinan sendiri, melainkan yang berasal dari pihak ketiga, yang selama ini sudah rutin dipakai oleh konsumen Zoom. Kira-kira begitulah premis di balik Zoom Apps, fitur baru yang sudah bisa dinikmati oleh semua konsumen Zoom mulai hari ini. Kehadiran Zoom Apps pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi pihak ketiga langsung dari dalam jendela aplikasi Zoom.

Di awal peluncurannya ini, total sudah ada lebih dari 50 aplikasi yang tersedia di Zoom App Marketplace, mulai dari yang memungkinkan kolaborasi secara langsung macam Asana atau Dropbox Spaces, sampai yang sesimpel Pexels untuk mengganti virtual background, dan bahkan game seperti Heads Up. Sesi quiz menggunakan Kahoot! pun sekarang bisa diadakan tanpa perlu mengandalkan browser dan meninggalkan Zoom.

Agar bisa menikmati fitur integrasi ini, Anda perlu versi terbaru aplikasi Zoom untuk perangkat desktop. Setelahnya, Anda bakal menemukan tab baru berlabel “Apps”. Untuk perangkat mobile, sayangnya Zoom sama sekali tidak menyinggung soal ketersediaan fitur ini di aplikasi Android maupun iOS-nya. Sepertinya fitur ini memang eksklusif untuk perangkat desktop.

Dalam kesempatan yang sama, Zoom turut mengumumkan ketersediaan Zoom Events, sebuah platform lengkap yang dapat dimanfaatkan untuk menggelar beragam acara virtual. Zoom Events pada dasarnya menawarkan semua yang dibutuhkan pihak penyelenggara acara, mulai dari pembuatan event hub, manajemen registrasi dan penjualan tiket, sampai lobi untuk mewadahi interaksi para partisipan.

Sumber: Engadget dan Zoom.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter