Categories

Mobile

ZTE AliveShare Memungkinkan Kita Bertukar File Tanpa Internet

Yoga Wisesa - 27 March 2015

Smartphone adalah gadget serba guna. Berkatnya, kita bisa jadi fotografer atau jurnalis dadakan, menikmati hiburan multimedia ringkas, menjelajahi dunia maya, serta bekerja kapan dan dimana saja. Tapi tanpa sambungan internet, bahkan model paling canggih sekalipun akan bertekuk lutut dan mayoritas layanan perangkat mobile tidak dapat digunakan.

Menurut ZTE, banyak sekali skenario saat konektivitas tak tersedia. Bisa disebabkan kehabisan kuota internet atau hilang sinyal di area-area tertentu. ZTE mencoba memberikan solusi masalah itu dengan mengenalkan AliveShare. Ia merupakan fitur produktivitas offline, menjaga Anda tetap terhubung meski jaringan 3G atau 4G tidak tersedia. Teknologi ini rencananya akan dibubuhkan dalam device terbaru mereka.

AliveShare tidak masuk dalam kategori Wi-Fi atau Bluetooth konvensional. Ia berdiri sendiri, sebagai pengembangan lebih lanjut dari Wi-Fi Direct. Namun buat pengguna awam, mengoprek bagian teknis jaringan Wi-Fi seperti melakukan pairing atau mengakses IP address mungkin cukup membingungkan. AliveShare menyuguhkan kemudahan pemakaian, mempersilakan kita saling berkirim file tanpa internet.

Info menarik: ZTE Nubia Z9 Max dan Nubia Z9 Mini Resmi Menampakkan Diri, Ini Spesifikasinya

Teknologi baru ZTE ini dijanjikan memiliki kecepatan 40 kali lebih gesit dibanding Bluetooth. ZTE membuat sebuah perbandingan: Pengiriman lagu berformat MP3 sebesar 5 sampai 10 megabyte akan memakan waktu beberapa menit dengan Blutooth, sedangkan via AliveShare, proses hanya membutuhkan satu detik. Ia juga memberikan Anda keleluasaan bertukar pesan singkat ke sesama pengguna, walaupun berada di daerah minim sinyal.

ZTE sudah menyiapkan beberapa kemampuan handal pendukung AliveShare. Pertama ialah Group Chat, layanan sejenis app messenger dimana kita dapat bercakap-cakap secara real-time. Lalu ada Versus Gaming, menyuguhkan permainan catur atau puzzle match-three untuk dua orang. Selain itu terdapat file sharing (foto, app, musik hingga film) dan Change Phone atau migrasi data.

Dengan fitur terakhir ini, pemindahan atau back-up data dari smartphone lama ke baru tersaji sederhana. Perlu diingat, AliveShare adalah tipe sambungan jarak pendek – alternatif tapi bukan pengganti 3G/4G.

“Ketika lalu lintas data tidak lancar, entah karena jangkauan sinyal seluler maupun hal lain, komunikasi dapat terganggu dan berdampak pada turunnya kreatifitas serta produktivitas,” tulis Managing Director ZTE Fritz Wang di press release. “ZTE memahami betul bahwa sebuah smartphone harus bisa menjadi teman yang handal. Itulah alasannya AliveShare dihadirkan.”

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter