17 February 2017

by Bambang Winarso

Ramaikan MWC, ZTE Siapkan Smartphone dengan Kecepatan Data 1Gbps

Sayang ZTE belum membeberkan spesifikasi Gigabit Phone

Ketika membicarakan soal smartphone flagship masa depan, banyak orang memikirkan beberapa hal misalnya bezel super tipis, kamera besar, baterai jumbo dan kecerdasan buatan. Tapi, ZTE tampaknya punya haluan yang berbeda dengan mempersiapkan sebuah ponsel bernama Gigabit Phone yang diklaim mempunyai kecepatan data super ngebut.

Gigabit Phone disebut mempunyai kemampuan mengunduh data hingga 1Gbps, yang sudah barang tentu sebuah kemampuan yang luar biasa bahkan di era 4G LTE sekarang ini. Kemampuan ini menawarkan sesuatu yang baru, misalnya streaming VR video, akses instan ke penyimpanan awan dan juga streaming musik dengan resolusi tinggi langsung melalui ponsel.

Sayangnya ZTE tidak membeberkan bagaimana kecepatan transfer data ini bisa dicapai dan di mana mereka bisa menerapkan kemampuan modem dengan spek tersebut. Tantangan yang berpotensi menjadi kendala adalah, bahwa kendati ponsel memang mempunyai kemampuan sehebat itu, apakah jaringan yang digunakan cukup memadai untuk mendukungnya?

Sejumlah operator di dunia termasuk Telstra, Singtel, Swisscom dan EE sudah mulai melakukan ujicoba jaringan dengan kecepatan 1Gbps dalam beberapa tahun terakhir. T-Mobile juga sudah mulai mengikuti jejak mereka. Di akhir tahun 2016 lalu mereka memamerkan video yang mendemonstrasikan teknologi di ponsel prototipe.

Langkah ZTE terbilang tepat, setidaknya ini menjadi sebuah rencana yang sangat bagus. Pasalnya, Qualcomm yang merupakan pabrikan chipset terdepan saat ini pun sudah mulai menggunakan modem  X16 di Snapdragon 835 untuk platform mobile. Modem ini merupakan generasi upgrade dari model X12 yang punya kecepatan maksimum di 600Mbps.

ZTE sendiri masih menyimpan rapat-rapat rincian lengkap soal ponsel Gigabit Phone untuk gelaran MWC 2017. Jadi, kita tak harus menunggu lama untuk mengetahui spesifikasi selengkapnya.

Sumber berita Theverge dan gambar header Wikipedia.