30 January 2017

by Bambang Winarso

Penyokong Dana Lesu, ZTE Bakal Ubah Spesifikasi Smartphone Hawkeye

ZTE Hawkeye awalnya dirancang dengan spek kelas menengah dengan tujuan dapat dijangkau oleh lebih banyak pengguna

ZTE mempunyai sebuah proyek perakitan smartphone bernama Hawkeye yang dirilis melalui situs penggalangan dana, Kickstarter. Bertujuan agar smartphone dapat dijangkau oleh semua orang, ZTE Hawkey dirancang dengan spek kelas menengah yang cukup mengesankan dengan banderol yang dapat dijangkau oleh lebih banyak pengguna di pasar berkembang.

Dua fitur yang cukup menarik di Hawkeye adalah fitur eye tracking dan kemampuan merekat sendiri (self-adhesiveness) yang dikemas dalam perangkat yang terjangkau demi kemampuan bersaing dengan merk lain.

Tapi sayang ZTE Hawkeye tak mendapatkan sambutan seperti yang diharapkan. Spesifikasinya yang cenderung untuk kelas menengah ditengarai menjadi salah satu alasan lesunya dukungan penyokong dana. Beruntung ZTE mengendus situasi ini dan berniat melakukan perubahan cepat.

Dalam sebuah wawancara dengan MobileSyrup, vice-president of technology planning and partnerships ZTE, Jeef Yee mengatakan perusahaan mungkin akan menawarkan perangkat flagship mengingat pengguna Kickstarter lebih cenderung menginginkan spek kelas atas.

“Bagusnya proyek ini kami bersikap transparan dan dalam prosesnya kami masih bisa berubah.”

Yee juga mengonfirmasi bahwa perusahaan kemungkinan besar akan menarik halaman kampanya ZTE Hawkeye di Kickstarter, merancang ulang daftar spesifikasi perangkat dan datang kembali dengan kampanye penggalagan dana baru dalam waktu dekat.

“Spesifikasi saat ini kurang menarik, jadi kemungkinan kampanye saat ini akan ditarik. Tapi, tak jadi soal dapat dana atau tidak.”

Untuk menghadirkan perangkat yang diinginkan, ZTE juga meminta para penyokong dana untuk memberikan umpan balik apa yang mereka inginkan di smartphone Hawkeye.

Sumber gambar header Kickstarter.