8 February 2017

by Bambang Winarso

ZTE Ikutan Bikin Smartwatch Android Wear?

Smartwatch bernama ZTE Quartz mempunyai desain bundar layaknya jam konvensional

Pasar perangkat wearable terbukti masih menggiurkan bagi sebagian pabrikan perangkat. Selain FitBit, Casio, Samsung dan Huawei yang masih berada di lintasan, muncul satu nama lagi yang disebut tertarik melahirkan generasi terbaru untuk jajaran smartwatch-nya. Dia adalah ZTE yang disebut-sebut sedang bersiap meluncurkan smartwatch pertama yang beroperasi dengan Android Wear.

Dinamai ZTE Quartz, perangkat yang menjadi penanda bagi ZTE dalam menggarap Android Wear itu bakal menawarkan fitur dan fungsionalitas yang hampir sama dengan kebanyakan smartwatch yang ada di pasaran saat ini. Dan jika tak ada halangan merintang, ZTE akan meluncurkan smartwatch generasi ketiganya itu dalam beberapa bulan ke depan.

Berdasarkan bocoran dari Bluetooth SIG via VentureBeat, ZTE Quartz dilengkapi dengan konektivitas selular generasi ketiga (3G) untuk menemani fitur WiFi yang secara default tertanam sejak lahir. Apabila rumor ini dapat dipercaya dan terbukti menjadi kenyataan, maka pengguna perangkat tak perlu menyambungkan ZTE Quartz ke smartphone untuk menggunakan sejumlah fitur di dalamnya, seperti membuat dan menerima panggilan, mengirim pesan singkat, pesan chat, email dan aktivitas lain yang membutuhkan jaringan data.

Kemudian berdasarkan bocoran materi pemasaran yang diperoleh oleh sumber, ZTE Quartz tampak mempunyai desain bundar dan penunjuk waktu layaknya jam konvensional. Selain fitur yang dijelaskan di atas, nyaris tak ada hal yang istimewa di perangkat yang disebut berbekal Android Wear 2.0 ini. Apabila benar, maka smarwatch ZTE Quartz hampir dipastikan membawa sejumlah kemampuan baru yang diadopsi dari OS generasi termutakhir itu.

Saat ini belum ada konfirmasi kapan ZTE Quartz akan diresmikan. Namun dengan makin dekatnya gelaran MWC 2017, ada selentingan kabar yang menduga kehadirannya di ajang itu.