Categories

Gadget

ZTE Perkenalkan Jajaran Smartphone Axon Terbaru dan Sebuah Jam Tangan Pintar Axon Watch

Oki Rosgani - 23 July 2015

Sebelumnya kami pernah mengabarkan bahwa ZTE telah meluncurkan smartphone Axon Phone sebagai smartphone premium yang ditujukan untuk pasar Amerika. Ternyata smartphone tersebut tidak hanya ditujukan untuk pasar Amerika, karena ZTE menyediakan juga untuk pasar Kanada, serta kini varian barunya bernama Axon Lux telah pula dilucurkan ke pasar Tiongkok.

ZTE Axon Lux ZTE Axon Lux adalah varian lain dari smartphone ZTE Axon, ia mengusung layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi Quad HD. Menariknya permukaan layar Axon Lux besutan ZTE ini memiliki balutan kaca Gorilla Glass dengan fitur anti bakteri.

Di bagian belakangnya terdapat dua buah kamera (dual camera) yang terdiri dari sebuah lensa dengan sensor 13 megapiksel dan sebuah lensa 2 megapiksel, sedangkan pada permukaan depan terdapat kamera dengan modul lensa dengan sensor 8 megapiksel.

InfoMenarik: Dell Rilis Tablet Tahan Banting Yang Tangguh Untuk Segala Medan

Smartphone ZTE Axon Lux ini memiliki spesifikasi yang cukup gahar, diotaki dengan prosesor Snapdragon 810 besutan Qualcomm, dijejali dengan RAM sebesar 4GB, serta media penyimpanan internal sebesar 64GB yang bisa ditingkatkan hingga 128GB melalui slot micro SD. Untuk penggunaan sehari-harinya, ZTE Axon Lux ini mengandalkan baterai dengan kapasitas 3.000 mAh.

Tidak hanya memiliki spesifikasi yang mumpuni, namun pihak ZTE juga telah memberikan sentuhan premium pada body smartphone yang berjalan dengan sistem operasi Android Lollipop ini, pada casing belakang bagian atas terdapat balutan material kulit yang membuatnya terlihat sangat ekslusif.

Smartphone ini juga memboyong sejumlah fitur dengan teknologi terkini di dalamnya, seperti pembaca sidik jari, pembaca iris mata, pengenal suara dan juga fitur NFC (Near Filed Communication).

Saat ini, ZTE Axon Lux dipasarkan secara ekslusif khusus untuk pasar Tiongkok dengan harga $525 per unitnya.

ZTE Axon Sama seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, dimana smartphoneZTE Axon ini telah ditargetkan untuk menyasar kelas premium untuk pengguna di pasar Amerika dan Kanada, spesifikasi yang diusungnya sama dengan smartphone Axon Lux di atas. Antara lain adanya fitur dual kamera yang bertengger di bagian belakang smartphone ini serta tiga buah sensor yang juga dimilikinya yakni pembaca sidik jari, pembaca iris mata, dan fitur pengenal suara.

Kendati ia memiliki nama yang berbeda, namun smartphone ini masih merupakan model yang sama dengan Axon Lux, yang membedakan smartphone ini dengan smartphone Axon Lux hanyalah tidak adanya material kulit yang dipasangkan sebagai material tambahan di bagian belakang casing smartphone ini. Namun begitu, hal tersebut tidak mengurangi kemampuan dan fitur yang dimilikinya.

Smartphone ZTE Axon ini juga kini tersedia untuk pasar Kanada dan Tiongkok dengan banderol harga $435 untuk tiap unitnya.

ZTE Axon Mini ZTE Axon Mini merupakan varian lain dari smartphone seri Axon yang diperkenalkan oleh ZTE. Dari namanya bisa kita tebak bahwa smartphone ini memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibanding dua model Axon di atas, Axon Mini memiliki layar Super AMOLED berukuran 5.2 inci.

Yang menjadi menarik adalah bahwa ZTE Axon Mini telah mengusung teknologi force touch pada layarnya sehingga ia digadang-gadang sebagai smartphone pertama yang memiliki teknologi force touch di smartphone mendahului Apple, padahal Apple yang pertama kali memperkenalkan teknologi ini pada produk MacBook serta Apple Watch namun belum diimplementasikan pada produk smartphone mereka.

Info Menarik: Samsung Rilis Galaxy Tab S2, Diklaim Tertipis Sejagat

Teknologi memungkinkan pengguna smartphone Axon Mini akan merespon perintah yang berbeda untuk jenis sentuhan berbeda walaupun sentuhan itu dilakukan pada spot yang sama.

Sayangnya pihak ZTE masih merahasiakan spesifikasi yang akan diusung oleh smartphone ini hingga bulan September mendatang, namun begitu, kabarnyasmartphone ini akan tersedia dalam empat buah varian warna berbeda yakni silver, gold, orange dan pink.

ZTE Axon Watch Tidak hanya memperkenalkan perangkat smartphone, ZTE juga ternyata memiliki produk wearable ternayar yakni sebuah jam tangan pintar yang mereka sebut sebagai Axon Watch.

Perangkat smartwacth teranyar besutan ZTE ini sangat berbeda dengan perangkat smartwatchBlueWatch yang sebelumnya pernah dirilis ZTE tahun lalu. Jika BlueWatch memiliki disain kotak yan terkesan kaku dengan layar e-paper monokrom, maka Axon Watch memiliki disain bundar yang hadir dengan layar sentuh berwarna yang dapat mengenali sejumlah gesture untuk mengakses menunya.

Info Menarik: Microsoft Send Adalah Aplikasi Email dengan Karakteristik Instant Messaging

Sekilas jam tangan pintar Axon Watch mirip dengan Huawei Smartwatch yang sempat dipamerkan pada ajang Mobile World Congress 2015 lalu, namun jika diteliti lebih detail perangkat Axon Watch memiliki sentuhan desain yang berbeda.

Perbedaan utama terdapat pada platform yang diusungnya, jika Huawei Watch berjalan dengan platform Android Wear maka Axon Watch berjalan dengan platform Tencent OS, namun begitu Axon Watch tetap mengusung sejumlah fungsi yang sama seperti melakukan panggilan telepon, menerima notifikasi, berkirim pesan dan membaca aktivitas penggunanya.

Hadir dengan layar berukuran 1.4 inci, Axon Watch menggunakan teknologi Bluetooth 4.1 untuk terhubung dengan perangkat smartphone atau tablet, ia juga dibekali dengan RAM 512MB serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 4GB.

Sedangkan untuk baterainya, smartwatch ini akan didukung oleh baterai dengan kapasitas 300 mAh. Saat ini, pihak ZTE baru melucurkan perangkat jam tangan pintar ini hanya untuk pasar Tiongkok saja.

Sumber: GSMArena, PhoneArena, Engadget| Gambar Header: AxonPhone.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter