Dalam Single’s Day tahun ini, aCommerce, brand ecommerce enabler terdepan di Asia Tenggara, melaporkan kenaikan penjualan sebesar 300% dari tahun ke tahun (Y-o-Y) dari para kliennya seperti L’Oreal, Samsung, dan Unilever, di kelima negara Asia Tenggara di mana aCommerce beroperasi.

Thailand adalah pasar yang berkontribusi paling tinggi bagi performa grup dalam 24 jam pertama di kampanye penjualan online tahunan yang biasa disebut 11.11 ini. Sementara itu, Filipina mengamati peningkatan performa hingga sembilan kali lipat, di mana masyarakat Filipina memanfaatkan kesempatan diskon ini untuk melengkapi kebutuhan belanja Natal mereka.

Tiga kategori terlaris di seluruh Asia Tenggara adalah Groceries/FMCG (Fast Moving Consumer Goods), Beauty, dan Mobiles & Electronics. Sementara itu, masyarakat Indonesia adalah pembeli terbesar kategori FMCG di Asia Tenggara. Rata-rata transaksi per order untuk kelima negara adalah $29.18, dan masyarakat Singapura memimpin Average Order Value (AOV) tertinggi pada angka $53.39.

KEY PERFORMANCE INDONESIA

  • Groceries/FMCG adalah kategori dengan pertumbuhan Gross Margin Value (GMV) tertinggi dari tahun ke tahun (Y-o-Y)
  • Top 3 Category Growth di Indonesia: FMCG, Mobile & Electronics, Luxury & Fashion
  • Waktu belanja tersibuk adalah pukul 12-1 tengah malam dan 12-1 siang.
  • aCommerce Indonesia mencatat pertumbuhan online sale 11.11 YoY sebesar 3x lipat.

“Konsumen Asia Tenggara sangat antusias dengan online sale tahunan terbesar seperti ini. Menurut survei e-marketplace yang dilakukan ecommerceIQ di seluruh Asia Tenggara, diskon selalu memegang faktor penting dan menjadi alasan utama mengapa konsumen berbelanja online. Jadi tidak mengherankan bagi kami ketika melihat masing-masing brand dan e-marketplace memecahkan rekor mereka tahun ini,“ kata Paul Srivorakul, Group Chief Executive Officer aCommerce. “Pertumbuhan ini membuktikan bahwa aCommerce berupaya untuk memfasilitasi klien-klien kami dengan teknologi, tim, dan pola pikir terbaik untuk mencapai pertumbuhan dan memperluas horison penjualan online bersama.”

Disclaimer: Sebagian besar data yang dimuat dalam siaran pers ini dikumpulkan dari tanggal 11-13 November 2018. Data-data ini tidak merefleksikan pendapatan aCommerce, namun pencapaian penjualan 260 klien di seluruh Asia Tenggara yang dibantu oleh aCommerce.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.