API Pemilu Hackathon: Untuk Menciptakan Inovasi Terkait Informasi Pemilu Secara Online

API Pemilu Hackathon: Untuk Menciptakan Inovasi Terkait Informasi Pemilu Secara Online

Jakarta, Indonesia ‘ Perludem sebagai organisasi nirlaba di Jakarta akan menyelenggarakan Hackathon API Pemilu pertamanya di Bandung pada tanggal 8-9 Maret 2014 di Bandung Digital Valley. Sekitar 200 peserta Hackathon ‘ baik para pengembang software maupun desainer web – akan berkompetisi membangun sistem pendukung teknis untuk proyek data pemilu terbuka API Pemilu dan meningkatkan penggunaan dan visualisasi informasi dari data API Pemilu untuk meningkatkan transparansi dan integritas pemilu.

Perlombaan yang akan diselenggarakan dua hari ini akan menjadi peluang bagi Perludem untuk mengajak para pengembang software dan desainer web untuk menciptakan prototipe yang unik dan kreatif ‘ situs mobile, aplikasi, widget, game trivia, atau sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya ‘ untuk aplikasi pemilu mobile dan web agar meningkatkan ketersediaan dan kemampuan pencarian informasi penting menjelang pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2014 di Indonesia.

Juri perlombaan Hackathon ini berasal dari berbagai kalangan. Di antaranya adalah perwakilan dari KPU dan DailySocial.

API Pemilu menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya, data pemilu Indonesia dikelola dengan suatu cara yang akan memungkinkan para pengembang aplikasi untuk menciptakan aplikasi dan program berbasis web dengan mudah. Kami sedang mengorganisir perlombaan Hackathon ini untuk menjaga kemitraan baru dan meningkatkan kapasitas dalam berinovasi di dunia ICT untuk mendukung pendidikan dan informasi pemilih. kata Rahmi Sosiawaty, Wakil Direktur Perludem.

Kunjungi http://www.eventbrite.com/e/api-pemilu-hackathon-code-for-vote-registration-3159238367 dan twitter di @APIPemilu untuk update langsung.

Jurnalis yang tertarik hadir di Hackathon API Pemilu: Silahkan mengirim email ke diah.perludem@gmail.com.

Lokasi: Bandung Digital Valley, Menara R&D Center 4th Floor
Jl. Gegerkalong Hilir no. 47 Bandung 40152

8 Maret 2014

09:00 – 10:00 Pendaftaran dan Orientasi
10:00 – 11:30 Pembukaan dan Presentasi
11:30 – 24:00 coding session

9 Maret 2014

00:00 – 10:00 coding session
10:00 – 12:00 melempar sesi 3 menit setiap tim untuk 1 hakim. Kami memisahkan tim untuk setiap hakim.
12:00 – 13:00 Istirahat
13:00 – 15:00 top 10 di sesi Pitching panggung, setiap 5 menit.
15:00 – 15:30 Diskusi Hakim
15:30 – 16:00 Pengumuman pemenang dan penutup

Hackathon API Pemilu dapat terselenggara atas dukungan The Asia Foundation dan Daily Social.

About Perludem

Perludem adalah organisasi nirlaba dan nonpartisan Indonesia yang didirikan pada tahun 2005 untuk memperkuat institusi dan program masyarakat sipil untuk mengoptimalkan reformasi dan transparansi pemilu. Perludem adalah LSM pemilu terkemuka yang berada di garis terdepan advokasi kebijakan pemilu, kampanye, dan lobby di Indonesia. Perludem menyelenggarakan berbagai workshop pendidikan dan informasi pemilih untuk KPU/DKI. Visi Perludem untuk menciptakan demokrasi dan pemilu yang dapat mengakomodir kebebasan masyarakat, sekaligus melindungi kedaulatan masyarakat Indonesia.

Tentang API Pemilu
API Pemilu berlandaskan pada open data untuk informasi pemilu di Indonesia yang akan digunakan sebagai media yang menyediakan banyak aplikasi dan website untuk kemudahan dalam mengakses data Perludem secara gratis dan terbuka. API Pemilu akan menyediakan informasi terbaru sepanjang pemilu legislator dan presiden tahun 2014. Diharapkan, API Pemilu ini akan menjadi titik rujukan utama (one-stop reference point) untuk informasi pemilu di Indonesia. API Pemilu akan digunakan dengan berbagai cara yang kreatif melalui aplikasi mobile dan web untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Melalui data Perludem yang gratis dan terbuka, API Pemilu menawarkan kemudahan dalam berbagi data, mengorganisasi data, dan pengolahan dengan aplikasi dari pihak ketiga mengenai informasi pemilu yang tersedia untuk masyarakat. Karena website dan aplikasi dapat menghasilkan banyak data pemilu gratis yang dapat digunakan dengan berbagai cara yang kreatif untuk menyediakan informasi penting terhadap para pemilih.

Kontak:

Diah Setiawaty
diah.perludem@gmail.com
0852210785242/ (021) 830 0004

PERLUDEM
Jalan Tebet Timur IV A No.1
Tebet, Jakarta Selatan
INDONESIA
Tel: +62 21 8300 004
Web: www.perludem.or.id
Email: perludem@cbn.net.id
perludem@gmail.com

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…