Axinan berkolaborasi dengan Bukalapak untuk memberikan solusi perlindungan digital bagi masyarakat Indonesia

Axinan berkolaborasi dengan Bukalapak untuk memberikan solusi perlindungan digital bagi masyarakat Indonesia

Axinan, perusahaan insurtech (insurance technology)
berbasis di Singapura, hari ini mengumumkan kemitraan mereka dengan perusahaan
eCommerce terkemuka di Indonesia, Bukalapak. Sinergi antara Axinan dan Bukalapak
menandai kolaborasi pertama antara kedua pihak, menggabungkan kemampuan teknologi yang
dimiliki Axinan dengan pengalaman Bukalapak yang menjadi salah satu pionir eCommerce
lokal. Kedua perusahaan berkolaborasi di bidang perlindungan elektronik dan pengiriman
barang, dengan Sompo Insurance Indonesia (Sompo Indonesia) sebagai penanggung asuransi.

Kemitraan ini memberikan solusi bagi pelapak dan konsumen di platform Bukalapak. Dengan
fitur harga dinamis yang dapat disesuaikan dan manajemen klaim yang sudah menggunakan
sistem digital. Melalui igloo, produk Axinan, konsumen yang berbelanja di platform Bukalapak
kini dapat memilih untuk mengasuransikan barang belanjaan mereka dari kerusakan atau
kehilangan saat pengiriman. Selain itu, konsumen dapat memilih perlindungan untuk ponsel,
laptop, dan tablet ketika mereka membeli melalui platform Bukalapak – dengan beberapa
kategori lagi yang akan diluncurkan setelah peluncuran resmi.

Menurut laporan dari Google dan Temasek tentang ekonomi digital di Asia Tenggara, bisnis
eCommerce ASEAN diperkirakan akan meningkat lebih dari tiga kali lipat 1 , di mana untuk
Indonesia, pasar perdagangan online diproyeksikan akan meroket dari pengeluaran US $ 8
miliar pada tahun 2017 menjadi US$ 65 miliar pada tahun 2022 2 . Mengutip laporan yang sama,
Brink News (layanan berita digital dari firma riset Marsh & McLennan Insights) mencatat bahwa
perubahan model distribusi asuransi di Asia, peningkatan penetrasi seluler di ASEAN dan
populasi kelas menengah yang mengerti teknologi adalah faktor pendorong utama dalam
pertumbuhan industri asuransi digital 3 . Dengan pasar eCommerce lokal yang terus tumbuh,
layanan pelengkap seperti pengiriman juga akan turut meningkat dengan sendirinya. Namun,
risiko yang terkait dengan barang selama pengiriman kurang diperhitungkan oleh pihak ritel,
sehingga perlu ditanggung oleh konsumen.

Menanggapi kebutuhan akan solusi dari hal tersebut, Wei Zhu, Pendiri dan CEO Axinan,
mengatakan, “Dengan boomingnya eCommerce di Indonesia, ada kebutuhan yang kami sadari
muncul akibat risiko yang melekat dengan pasar eCommerce, yaitu kerusakan dan kehilangan
dalam pengiriman barang. Kami secara aktif berupaya untuk memenuhi kebutuhan ini dengan
partner asuransi kami, Sompo Insurance Indonesia. Kami memastikan
bahwa produk asuransi yang dibuat akan mudah digunakan,, dapat diakses oleh siapapun, dan
selalu tersedia bagi konsumen yang paling membutuhkan. Dengan berkolaborasi bersama
Bukalapak, kami dapat memanfaatkan jaringan konsumen mereka yang luas, sehingga kami
dapat menawarkan solusi kami kepada konsumen yang lebih luas.

Victor Lesmana, Director of Payment, Fintech, and Virtual Products, Bukalapak mengatakan,
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Axinan untuk memberi konsumen kami
pengalaman berbelanja dengan mudah. Selain itu, klaim yang sepenuhnya digital melalui
Axinan akan memungkinkan kami untuk memberi konsumen pengalaman berbelanja yang
mudah, aman, dan nyaman, sejalan dengan misi kami yang bertumpu pada inovasi teknologi
yang diciptakan untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan konsumen. Kemitraan ini sangat
tepat dan akan memberi kami keunggulan kompetitif karena kami dapat memenuhi kebutuhan
konsumen kami.

Raunak Mehta, Chief Commercial Officer, Axinan mengatakan, “Kami sangat senang melihat
sinergi antara Axinan dan Bukalapak, kami berharap akan menciptakan dampak besar dalam
lanskap e-commerce Indonesia. Dengan tujuan bersama untuk memenuhi kebutuhan pasar
Indonesia, terutama yang paham teknologi dan menggunakan platform digital dalam banyak
aspek kehidupan mereka, kami menantikan kemitraan yang lebih jauh dengan Bukalapak –
dimulai dengan asuransi gadget dan asuransi pengiriman kami serta lebih banyak solusi inovatif
lainnya di masa yang akan datang.

Kedua perusahaan memiliki rencana untuk memperluas jangkauan solusi yang mereka berikan,
terutama di bidang perlindungan gadget. Berkantor pusat di Singapura, Axinan beroperasi di
Australia, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan kantor
pengembangan di Cina dan Taiwan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…