LINE Square, layanan yang menyediakan tempat bagi komunitas untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi informasi terkait minat yang sama secara anonim, baru saja menggelar offline gathering atau pertemuan secara langsung untuk mendengar dan memenuhi kebutuhan para pengguna. Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan user experience dalam menggunakan layanan ini, serta berbagai ide yang dapat membantu pertumbuhan komunitas di Indonesia melalui program seperti LINE Square Membership Program yang diluncurkan Oktober 2018 lalu.

“Sebagai layanan yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan komunitas di Indonesia dan ingin menjadi platform komunitas nomor satu di Tanah Air, LINE Square akan terus berupaya untuk melakukan inovasi guna mengakomodasi kebutuhan para anggotanya,” jelas Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia. “Dengan user interface (UI) dan fitur baru, kami berharap dapat memberikan manfaat yang lebih lagi bagi para pengguna, sehingga para komunitas bisa berkomunikasi lebih baik dan tumbuh lebih pesat lagi.”

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh LINE Square untuk mengembangkan layanan ini adalah dengan menyelenggarakan sebuah loyalty program yang disebut LINE Square Membership Program. Selain memperoleh berbagai keuntungan, komunitas yang terpilih dalam program ini juga mendapatkan sebutan khusus, yaitu Super Square. Pada 11 November lalu, tim LINE Square mengundang para admin Super Square batch pertama ke kantor LINE Indonesia untuk mengikuti offline gathering. Pertemuan tersebut menghasilkan beragam opini dan masukan dari para admin mengenai produk dan layanan LINE Square, serta harapan mereka terhadap LINE Square Membership Program.

Sebetulnya, offline gathering ini bukanlah aktivitas pertama yang dilakukan oleh LINE Square dalam menjangkau pengguna mereka; sebelumnya, tim LINE Square telah melakukan wawancara dan survei secara rutin yang bertujuan untuk membentuk layanan yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya. Walaupun demikian, offline gathering ini berbeda dengan riset sebelumnya, karena pada acara ini Tim LINE Square bertemu secara langsung dengan para pengguna, sehingga dapat memperoleh pandangan dari dua sisi, baik dari sudut pandang admin maupun dari sudut pandang pengguna.

Salah satu contoh dari pandangan tersebut adalah pendapat terkait pembaruan fitur Main Page. Para partisipan offline gathering menyatakan bahwa sebagai pengguna, mereka dapat menemukan Square yang diinginkan secara lebih mudah melalui penggunaan kata kunci di dalam search bar yang terdapat di bagian atas Main Page. Selain itu, mereka berpendapat bahwa bagian Kategori yang diurutkan berdasarkan keaktifan Square dan pengukuran lainnya juga membantu pengguna dalam menemukan Square yang sesuai dengan kategori minat mereka.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.