Fokus Groceries di 201 Alfacart Gandeng Unilever

Fokus Groceries di 201 Alfacart Gandeng Unilever

Melihat data penjualan Alfacart.com sampai Desember 2016, kategori groceries menyumbang kontribusi penjualan terbesar yaitu 62,7%. 2017 Alfacart.com akan semakin fokus di kategori ini dengan salah satu strateginya menggandeng Unilever sebagai strategic partner.

Ernest Tjajana, Chief Commercial Officer Alfacart.com menyatakan Groceries menjadi kategori unggulan Alfacart.com untuk itu kami perlu menggandeng produsen FMCG besar seperti Unilever untuk memperbesar kategori ini dengan produk-produk terbaik. Sekarang Unilever sudah resmi membuka Official Store-nya di Alfacart.com dengan 2 program utama, yaitu Unilever Day dan Unilever Subscriber.

Hal ini pun ditegaskan oleh Hira Triadi, Head of Ecommerce Unilever Indonesia Kami menyambut baik kerjasama ini. Walau pasar offline- baik tradisional maupun modern, masih menjadi yang terbesar menyumbang kontribusi terhadap penjualan kami, tapi kami melihat trend pembelanja sekarang ini sudah mulai merambah ecommerce sebagai salah satu pilihan tempat mereka untuk berbelanja rutin. Unilever ingin memastikan bahwa kami dapat memberikan pelayanan kepada konsumen kami di segala channel yang mereka pilih. Untuk bisnis kami, fokus di e-commerce berarti juga mulai merintis bisnis kami di masa depan. Jadi saat bisnis FMCG di e-commerce sudah besar, kami sudah siap bersaing di channel ini.

Kategori groceries membawa Alfacart.com masuk dalam 7 besar ecommerce Indonesia menurut Peringkat E-Commerce Indonesia yang dirilis iPrice (03/17)

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Executive Officer Alfacart.com mengatakan, Dalam usia kami yang baru 10 bulan, Alfacart.com sudah dipercaya menjadi salah satu e-commerce yang dipilih untuk berbelanja online. Walau bisa dibilang kami pemain paling muda dibanding yang lain sudah 4-5 tahun lebih dulu, langkah kami saat masuk sudah benar. Alfacart.com hadir sebagai e-commerce yang sudah di-Indonesia-kan dengan layanan online to offline (O2O)-nya. Didukung pula dengan kepercayaan masyarakat Indonesia yang sudah terbentuk kepada group kami, Alfa Group, terutama sebagai penyedia produk kebutuhan sehari-hari.

Belum banyak e-commerce yang besar di kategori groceries, ecommerce lainnya paling banyak bermain di kategori gadget dan fashion. Kami masuk di kategori groceries dan akhirnya bisa bersaing serta menjadi #1 top of mind untuk berbelanja online kebutuhan sehari-hari, walau kami juga tetap menyediakan produk terbaik di kategori lainnya seperti gadget dan elektronik, fashion dan kebutuhan gaya hidup lainnya, tambah Catherine.

Langkah Alfacart.com sudah benar ketika masuk dengan fokus di groceries, karena masih ada potensi besar di kategori ini. Menurut data Kantar Worldpanel – sebuah perusahaan riset pasar, secara global penjualan online produk groceries bertumbuh sebesar 15% sampai dengan akhir tahun dan nilai pasar 4.4%. Walau di Indonesia, negara dengan pertumbuhan FMCG 4,8% mengalahkan Asia yang sebesar 3%, penjualan onlinenya masih dibawah 1%, tidak sebesar negara lain yang pertumbuhan FMCGnya lebih rendah dari Indonesia.

 

Mengapa demikian? Pertumbuhan ecommerce di Indonesia masih berkembang, belum sedewasa negara lain yang sudah siap secara infrastruktur dan masyarakatnya. Namun tetap Indonesia memiliki potensi sebagai negara e-commerce tertinggi di Asia dengan perkembangan ecommerce tercepat di dunia yaitu sekitar 38%.

 

Official Store Unilever di Alfacart.com: Unilever Day dan Unilever Subscriber

 

Dari data Alfacart.com untuk belanja produk kategori groceries setiap bulannya, rata-rata sebesar 81,8% konsumen berbelanja produk yang sama dengan jumlah yang sama pula. Yang berbeda hanya kebutuhan tambahan lainnya seperti gadget, elektronik, fashion atau lifestyle. Data tersebut yang menjadi dasar dari programUnilever Subscriber yaitu paket belanja bulanan hemat. Ada 2 paket pilihan: paket berlangganan 6 bulan dan paket berlangganan 12 bulan.

 

Selain memudahkan karena tidak harus mengulang membuat list pesanan yang sama setiap bulannya, paket belanja bulanan ini juga tentunya lebih hemat. Gratis 1 bulan untuk pembelian paket 6 bulan dan Gratis 2 bulan untuk pembelian paket 12 bulan. Tambahan keuntungan lainnya bagi pelanggan yang membeli paket berlangganan 1 tahun, yaitu bonus pulsa sebesar Rp. 200.000, Cicilan 0% untuk 12 bulan dan Cashback.

 

Bagi konsumen dengan kebutuhan groceries yang tidak sama setiap bulannya, tetap bisa menikmati harga hemat dari 100 produk Unilever terbaik dengan mengikuti Program Unilever Day setiap hari Rabu, konsumen bisa mendapatkan potongan belanja 20%.

 

Untuk detail cara mengikuti kedua program tersebut, syarat dan ketentuan serta daftar produk, kunjungi Unilever Official Stores di Alfacart.com http://www.alfacart.com/unilever-deals-corner di desktop, mobile atau melalui aplikasi.

Online to Offline (O2O)

Kedua program tersebut tetap bisa diikuti oleh konsumen yang tidak memiliki kartu kredit. Dengan salah satu fitur O2O Alfacart.com yaitu Pay at Store, pelanggan bisa membayar melalui toko yang dipilih dari 12.000 toko Alfamart se-Indonesia.

 

Alfacart.com pun memberikan pilihan cara antar pesanan, selain dikirim ke rumah, yaitu Pick Up at Store, jadi konsumen bisa mengambil sendiri belanjaannya, misalnya saat pulang kantor atau pulang menjemput anak sekolah, bisa mampir ke Alfamart terdekat untuk mengambil pesanannya, sehingga lebih fleksibel baik dalam waktu maupun lokasi pengambilan pesanan.

Euromonitor memperkirakan rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR) penjualan online di Indonesia selama 2014-2017

Dari harga normal Rp.600.000 menjadi Rp.500.000

Dari harga normal Rp.1.200.000 menjadi Rp.1.000.000

Untuk 100 pendaftar pertama Pulsa akan dikirimkan H+1 ( hari kerja) dari tanggal pembayaran konsumen

Cashback Dari Bank Permata untuk 50 orang pertama, Cashback Dari Bank Bukopin untuk 100 orang pertama, Promo hanya untuk cicilan 12 bulan. Cashback akan diberikan di billing nasabah maksimal di bulan ke-3

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again