Grab Buka Dua Dapur Delivery-Only Baru, GrabKitchen, Dekatkan Masyarakat Indonesia dengan Sajian Favorit Mereka

Grab Buka Dua Dapur Delivery-Only Baru, GrabKitchen, Dekatkan Masyarakat Indonesia dengan Sajian Favorit Mereka

Ada kejutan untuk warga sekitar Jakarta Pusat! Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran dua dapur delivery-only, GrabKitchen, di Jakarta, Indonesia. Terletak di Cideng dan Kramat, GrabKitchen mendekatkan pelanggan yang tinggal, bekerja, dan berkunjung di sekitar wilayah tersebut dengan santapan yang paling diburu di GrabFood.

GrabKitchen merupakan dapur delivery-only, yang juga dikenal dengan istilah dapur satelit, yang menggabungkan sejumlah brand makanan dan minuman dalam satu dapur sentral untuk memenuhi permintaan santapan di wilayah tertentu.  GrabKitchen tidak hanya menambah pilihan santapan di area tersebut tapi juga mempersingkat waktu pengantaran, sehingga pengalaman pelanggan pun meningkat. Konsep ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada September 2018 ketika GrabFood membuka dapur delivery-only pertamanya di Jakarta Barat.

Dengan tambahan dua dapur delivery-only yang baru dibuka ini, GrabFood kini telah mengoperasikan tiga GrabKitchen di Jakarta, mengukuhkan komitmennya untuk mendekatkan pelanggan dengan santapan lokal favorit mereka dan mendorong pertumbuhan merchant.

“Kami berkreasi dengan cara-cara inovatif untuk melayani pelanggan kami dengan lebih baik dan GrabKitchen merupakan salah satu alasan bisnis pesan-antar makanan kami tumbuh sangat pesat di Indonesia dan di Asia Tenggara. Volume pengiriman GrabFood tumbuh 10x di Indonesia dari Desember 2017 hingga Desember 2018, dan kini kami bekerja sama baik dengan brandnasional dan internasional terkemuka maupun merchant-merchant lokal di Indonesia. Kami siap untuk menjadi pemimpin dan yakin bahwa jaringan GrabKitchen ini akan menjadi penentu dalam mengubah pengalaman pelanggan kami. Kami berencana untuk membuka lebih banyak GrabKitchen di Indonesia pada akhir tahun 2019, dan mengundang merchant-merchant yang berminat untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan ekspansi yang pesat ini,”kata Tomaso Rodriguez, Vice President of GrabFood.

Didesain dan dibangun khusus untuk masyarakat

Teknologi dan tim operasional lapangan GrabFood telah melakukan analisis mendalam tentang pola perjalanan dan makan pengguna aplikasi Grab guna mengidentifikasi lokasi dan merchant potensial untuk dapur GrabKitchen terbaru. Dengan menggabungkan wawasan dari riset konsumen, data santapan yang paling sering dicari di GrabFood, serta pergerakan konsumen dan order makanan pada jam-jam makan, GrabFood telah menjalin kerja sama dengan sebelas merchant yang menjadi favorit masyarakat di sekitar wilayah Cideng dan Kramat.

“Kami bangga bahwa merchant-merchant lokal terkemuka di Indonesia memilih untuk mengembangkan bisnis mereka bersama kami. Kami yakin GrabKitchen akan memberikan peluang sukses terbaik untuk mereka. Tapi pekerjaan kami tidak berhenti di sini. Kami akan terus memanfaatkan data untuk membantu merchant-merchant mengoptimalkan bisnis mereka, mencapai potensi pendapatan baru, dan menjawab permintaan yang pasar yang belum terpenuhi,”ungkap Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia.

Meskipun dapur delivery-only merupakan konsep yang relatif baru di Indonesia, hasil dari GrabKitchen pertama milik Grab di Jakarta Barat telah menunjukkan sejumlah keuntungan.

  • Waktu pengantaran lebih cepat, variasi sajian yang lebih banyak: Mendekatkan berbagai brand dengan pelanggan melalui GrabKitchen terbukti telah menurunkan waktu pengantaran rata-rata di Jakarta Barat sebanyak 20%. Pelanggan tidak hanya menikmati beragam pilihan makanan berkualitas tapi juga waktu pengantaran yang lebih cepat – dua hal yang menjadi perhatian utama mereka.
  • Siap huni, bebas biaya sewa: GrabKitchen merupakan cara termurah dengan risiko paling minim bagi merchant untuk mengembangkan usaha mereka di lokasi baru. Merchant-merchant yang bergabung dengan GrabKitchen tidak perlu membayar sewa tempat atau membayar kelengkapan dapur mereka. Karena setiap lokasi dan merchant dipilih berdasarkan kesenjangan pasar, merchant-merchant memiliki peluang besar untuk sukses. Merchant-merchant di dapur pertama Grab menerima lebih banyak order setiap harinya dan menjadi bagian dari 1% merchant dengan pendapatan tertinggi diantara UMKM yang tergabung dalam platform Grab.
  • Lebih banyak pekerjaan, penghasilan yang lebih tinggi: Lebih banyak pesanan berarti lebih banyak pekerjaan untuk mitra pengemudi. Mitra pengemudi dalam platform Grab menerima 40% lebih banyak penghasilan dari pesanan GrabFood, di samping transportasi.

Untuk merayakan peluncuran dua dapur terbaru GrabKitchen, pelanggan yang berada di radius lima kilometer dari Cideng dan Kramat dapat menikmati diskon biaya pengantaran dan hanya cukup membayar Rp1.000 yang berlaku mulai hari ini hingga 30 April.

GrabFood merupakan layanan pesan-antar makanan dengan pertumbuhan terpesat dan jangkauan terluas di Asia Tenggara. GrabFood merupakan satu-satunya layanan pesan-antar makanan yang tersedia di enam negara besar Asia Tenggara: Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina. Di Indonesia, GrabFood hadir di 178 kota. Telah menjadi pemimpin dalam industri layanan pesan-antar makanan di Thailand dan Filipina, GrabFood akan  layanan pengantaran makanan nomor satu pada tahun 2019 di seluruh Asia Tenggara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai GrabFood, silakan kunjungi: https://www.grab.com/id/food-blog/

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…