Grab, mobile platform online-to-offline (O2O) terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata di Singapura. Mulai hari ini, pengguna Grab di Singapura dapat mengakses konten menarik tentang pariwisata Indonesia melalui Grab Feed yang tersedia dalam aplikasi Grab mereka. Memanfaatkan jangkauan luas pengguna Grab di Asia Tenggara termasuk Singapura, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia.

Peluncuran program ini menjadi kelanjutan dari kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat yang telah diluncurkan di Jakarta bulan lalu. Program ini juga merupakan salah satu inisiatif co-branding Grab dan Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan 10 destinasi wisata Indonesia terbaik di Asia Tenggara. Melalui program ini Grab ingin membantu mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini dan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

Asia Tenggara menjadi salah satu fokus Kementerian Pariwisata untuk mendorong jumlah kunjungan dalam negeri dengan target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 17 juta tahun ini. Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya menjelaskan tujuan kerja sama ini: “Kampanye Wonderful Indonesia menunjukkan posisi dan perbedaan sektor pariwisata Indonesia dan telah diakui secara global sejak 2015. Kampanye ini telah menjadi kontributor branding nasional Indonesia dengan valuasi senilai USD 1 miliar. Kami bangga bahwa kampanye Wonderful Indonesia kini menduduki peringkat 47 dunia. Kami mengapresiasi dukungan yang diberikan Grab dalam membantu memperkenalkan pariwisata Indonesia di kancah internasional, dengan kehadiran Grab di 8 negara di Asia Tenggara. Dengan 40% wisatawan Asia Tenggara yang berkunjung ke Indonesia, kerja sama diharapkan dapat membantu lebih banyak masyarakat Asia Tenggara untuk menjelajahi keindahan Indonesia.”

“Penetrasi perangkat bergerak (mobile) di Asia Tenggara bertumbuh dengan sangat cepat, dan wilayah ini menghabiskan waktu online semakin banyak, dan sebagian besar melalui konektivitas mobile. Kami melihat kesempatan besar untuk melayani pelanggan lebih baik dengan memberikan informasi tentang destinasi wisata baru, dan bahkan pemesanan paket perjalanan dalam aplikasi Grab,” jelas Lionel Yeo, CEO Advisor Grab.

Wisatawan asal Singapura dan negara-negara lainnya juga dapat menikmati berbagai layanan yang memberikan nilai tambah saat berkunjung ke Indonesia, diantaranya:

  • Layanan baru Sewa GrabCar bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Manado serta Makassar, dan ingin menyewa kendaraan selama beberapa jam. Mitra pengemudi juga telah menerima sertifikasi ‘Wonderful Indonesia’.
  • Keuntungan lebih dalam program Hot Deals Jakarta milik Kementerian Pariwisata, dengan kode khusus untuk mendapatlan potongan harga saat memesan layanan Sewa GrabCar di Jakarta. Pengguna Grab di Singapura juga dapat mengetahui lokasi penjualan paket Hot Deals terdekat dari lokasi mereka, melalui Grab Feed.
  • GrabCar Shelter yang mempermudah wisatawan bepergian secara legal dari Bandara Internasional di Tangerang, Jakarta, Bandung dan Palembang.
  • Fitur GrabChat (layanan pesan dalam aplikasi Grab) membantu mengurangi kendala berbahasa, dengan langsung menerjemahkan pesan ke berbagai bahasa yang kerap digunakan di Asia Tenggara, antara pengguna dan mitra pengemudi.
  • Menikmati kuliner khas lokal di 116 kota di Indonesia dengan layanan GrabFood.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menjelaskan, “Sebagai platform mobile O2O terbesar di Asia Tenggara dengan 125 juta unduhan, kami bangga dapat mendukung Kementerian Pariwisata untuk memberikan pengalaman berwisata yang mudah, aman dan nyaman bagi wisatawan Asia Tenggara. Kami percaya dengan bekerja sama dengan sektor publik, kita dapat mempromosikan sektor pariwisata yang akan menguntungkan komunitas lokal dan mendukung micro-entrepreneur secara berkelanjutan. Sebagai startup teknologi terbesar di Asia Tenggara, kami sangat gembira dapat melakukan investasi yang ignifikan untuk masa depan Indonesia dan mendorong transisi Indonesia menuju ekonomi digital sepenuhnya.”

Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 235 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 125 juta pengguna, termasuk Indonesia di mana Grab beroperasi di 137 kota dari Sabang hingga Merauke. Sejalan dengan visinya sebagai ‘everyday superapp’ dan strategi open platform, saat ini Grab menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat di Indonesia, mulai dari layanan transportasi roda dua dan empat, pengantaran bingkisan, pembayaran digital, hingga layanan pesan-antar makanan dan barang belanjaan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.