Dalam rangka perayaan pesta berbelanja online Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember mendatang, Ralali.com turut berpartisipasi dengan menawarkan berbagai macam promo menarik dari produk-produk unggulan di Ralali.com untuk memenuhi berbagai kebutuhan usaha.

Founder dan CEO Ralali.com, Joseph Aditya, mengungkapkan bahwa hal itu dilakukan untuk terus memperkenalkan dan semakin mengukuhkan Ralali.com, sebagai marketplace online B2B terbesar di Indonesia yang mengedepankan kemudahan dan kenyamanan berbelanja bagi para pengusaha, khususnya industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang menjadi tulang punggung penting perekonomian Indonesia.

”Harbignas (Hari Belanja Item Grosir Nasional) dari Ralali.com berlangsung mulai 11 November (11-11) sampai 12 Desember (12-12) 2018, dan didedikasikan sebagai kegiatan promo menarik dari produk-produk unggulan Ralali.com bagi para pengusaha UMKM untuk berbelanja kebutuhan usahanya, dan menekankan bahwa memulai dan menjalankan #BisnisItuMudah. Selain itu, terdapat undian berhadiah juga: ponsel, sepeda motor dan modal usaha ratusan juta,” ujar Joseph, pada acara bincang-bincang dan konferensi pers “Pemerataan Ekonomi Mikro dengan Mengembangkan dan Memberdayakan Sektor UMKM Lewat Kerjasama Antar Pelaku Ekonomi Kreatif dengan Marketplace Online”, yang digelar pada Rabu (05/12/2018).

Joseph menyebutkan, Ralali.com memiliki fitur unggulan terbaru bernama Business Innovation Group (BIG), yang bertujuan untuk mempermudah pencarian barang di dalam marketplace. Pada fitur BIG ini, dikelompokkan produk dan segala kebutuhan /berdasarkan usaha yang dijalankan. Saat ini terdapat lima kategori BIG, yakni BIG Auto (bisnis bidang otomotif), BIG Home (bisnis bidang kontraktor bangunan, arsitektur, interior, dan material bangunan), BIG Market (bisnis bidang elektronik, MRO (Maintenance, Repair & Operation), mode dan kecantikan), BIG Office (dukungan kebutuhan peralatan kantor), dan BIG Resto (bisnis bidang perhotelan, restoran, katering, dan seputar kuliner).

Berbeda dengan platform ecommerce atau marketplace lainnya yang didominasi seputar jual-beli online C2C (consumer-to-consumer) dan B2C (business-to-consumer), Ralali.com sejak awal berfokus pada model bisnis B2B (business-to-business), untuk menjembatani transaksi antarperusahaan di Indonesia. Di tahun kelimanya kini, Ralali.com tetap setia pada visi-misinya memajukan industri UMKM di Indonesia lewat penyediaan teknologi.

Josep mengungkapkan, target dari program #Harbignas dan fitur BIG tersebut adalah peningkatan transaksi bisnis kalangan UMKM dan efisiensi berbelanja yang meningkat, sehingga bisnis UMKM menjadi semakin maju pesat, yang mana sejalan dengan kampanye yang tengah digulirkan Ralali.com, yakni #BisnisItuMudah.

“Melalui Ralali.com, kami ingin menjadi jembatan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai atau menjalankan bisnisnya dengan sukses, dengan platform yang menyediakan produk berkualitas, serta memudahkan pelaku usaha dalam negeri dan seluruh dunia untuk saling terhubung,” kata Joseph.

Pada kesempatan yang sama, Rex Marindo, Founder Warung Upnormal, mengungkapkan bahwa saat ini terus berkembang pesat industri kuliner dengan menjamurnya bisnis restauran di Indonesia, yang mana Rex mengapresiasi bahwa hal tersebut direspon dengan baik oleh Ralali.com, salah satunya lewat fitur BIG Resto.

Rex menuturkan, berada di era globalisasi dan ekonomi digital, para pelaku UMKM tertuntut untuk melek teknologi agar dapat bersaing di pasaran. “Pemanfaatan teknologi digital seperti melalui marketplace online B2B sangat memfasilitasi langkah memulai dan menjalankan bisnis menjadi lebih mudah, sekaligus meningkatkan
pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Rex.

Rencana 2019 dan ekspansi global

Lebih lanjut Joseph menuturkan, fokus Ralali.com pada tahun 2019 mendatang adalah mengembangkan dan memperkuat sektor ekonomi mikro, dengan memberdayakan, mengembangkan dan memperkuat pengusaha UMKM di Indonesia. Ia menjelaskan, beberapa hal yang telah dilakukan di antaranya dengan membuka peluang kerjasama dengan pengusaha kecil dan menengah di daerah Palembang kecamatan Kaledoni, yang difasilitasi oleh pemerintah daerah setempat sebagai pilot project dalam program pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro di Indonesia.

Lebih dari upaya mewujudkan rencana ke depan untuk Ralali.com sebagai platform terlengkap produk industri, yang melayani jutaan UMKM di Indonesia, Ralali.com juga terus memperluas jaringan bisnis secara internasional. Ralali.com pada tanggal 26 November 2018 lalu telah menandatangani nota kesepahaman dengan Siam Cement Group (SCG) Trading untuk ekspansi bisnis ke Thailand, rencananya pada kuartal pertama tahun 2019. “Ekspansi ke pasar global ini untuk meluaskan segmen bisnis, terutama dalam pemenuhan kebutuhan usaha dan industri, serta mengembangkan dan
memperkuat usaha kecil dan menengah di kedua negara,” tandas Joseph.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.