Inovasi Chatbot Karya Anak Bangsa Raih Penghargaan LINE BOT AWARDS di Jepang

Inovasi Chatbot Karya Anak Bangsa Raih Penghargaan LINE BOT AWARDS di Jepang

Sebagai bagian dari strategi Smart Portal dari LINE ‘ yang bertujuan untuk mewujudkan LINE sebagai platform yang dapat menghubungkan pengguna, informasi, layanan, perusahaan dan merek hanya dalam satu genggaman saja ‘ LINE Corporation secara publik membuka Messaging API-nya pada September lalu. Sejak itu, para developer eksternal dapat mengembangkan chatbot untuk LINE dengan menggelar LINE BOT Awards yang diadakan sejak 9 Desember 2016 dan ditutup oada 28 February 2017.

Untuk LINE BOT AWARDS, masyarakat baik perseorangan ataupun pelaku bisnis diundang untuk berkompetisi dengan hadiah uang tunai hingga 10 juta yen (sekitar 90,000 USD). Selama tiga bulan periode pendaftaran, terdapat 815 pendaftar ‘ dengan 25 persen pendaftar berasal dari luar Jepang termasuk Indonesia ‘ dan berkompetisi di 11 kategori.

 

Salah satu permasalahan utama di kota besar seperti Jakarta adalah kemacetan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meminimalisir permasalahan tersebut, namun sampai sekarang kemacetan masih belum teratasi dengan maksimal. Lewat kontes LINE BOT AWARDS, Teman Jalan, merupakan penyedia layanan menumpang khusus mahasiswa, berinisiatif untuk mengembangkan program NgampusBareng, sebuah layanan yang dapat membantu mahasiswa nebeng’ dengan pengemudi motor melalui aplikasi LINE.

 

Solusi inovatif dari Teman Jalan ini berhasil memenangkan perhargaan di kategori lokalisasi pada LINE BOT AWARDS, yang dibuka sejak musim gugur lalu untuk mengembangkan chatbot dengan menggunakan Messaging API dari LINE. NgampusBareng dan 10 inovator lainnya mendapatkan penghargaan di acara pemberian penghargaan pada tanggal 18 Maret lalu di Tokyo Jepang.

 

Program NgampusBareng diakui karena telah merancang layanan yang dapat mengatasi salah satu masalah utama di Jakarta dengan menghubungkan para mahasiswa dengan pengemudi motor melalui LINE. Layanan ini sudah ditawarkan kepada lebih dari 50 kampus dan telah digunakan oleh lebih dari 3000 kali di setiap kampus tersebut.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai LINE BOT AWARDS, dapat dilihat di website resmi:https://botawards.line.me/

Melalui misi perusahaan untuk Mendekatkan Jarak, LINE Corporation secara aktif terlibat dalam berbagai inisiatif untuk membantu developer eksternal dan para mitra untuk mengembangkan dan mengoperasikan layanan di platform LINE, sekaligus berusahan untuk mendekatkan pengguna dengan berbagai informasi, layanan dan produk.

PARA PEMENANG:

 

&HAND (LINE ID: @jqv8293w; Creator: &HAND)

  • Proyek ini menggunakan LINE Beacons untuk menghubungkan pengguna yang memiliki disabilitas fisik, mental, dan yang membutuhkan bantuan dari perawat terdekat. Pengguna yang membutuhkan bantuan dapat menggunakan LINE Beacon untuk mengirimkan sinyal meminta bantuan, yang akan diterima oleh pengasuh disekitarnya yang telah terdaftar dengan &HAND official account. Lalu, melalui &HAND official account, pengguna yang membutuhkan bantuan dan pengasuk dapat berdiskusi secara pribadi bantuan apa yang diperlukan. Para i mengatakan mereka akan terus mengembangkan chatbot ini untuk menambahkan layanan, seperti menyediakan tips pengasuhan pada Timeline dan menawarkan bantuan untuk turis.
  • Kami sangat terkejut telah memenagkan kontes ini, tetapi kami merasa terhormat telah menerima hadiah utama, ujar tim &HAND dalam sebuah pernyataan. Kami percaya bahwa kemenangan ini merepresentasikan aspirasi banyak orang yang mendukung kami untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dengan menggunakan chatbot. Terima kasih atas dukungan anda dimana kami juga tetap terus membuat perkembangan lebih lanjut untuk mengkomersialisasikan layanan ini.

Penghargaan Microsoft (special co-sponsor award) ‘ JPY 1 million

 

NAVITIME (LINE ID: @navitime; Creator: Navitime Japan Co.)

  • Dalam merencanakan perjalanan menggunakan trasportasi umum, bot ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa natural agar secara otomatis dapat menyediakan infomasi terkini mengenai koneksi angkutan, jadwal, dan kemungkinan penundaan.
  • http://bot.navitime.co.jp/

    Kategori Pelajar ‘ 1 Juta Yen
    mitchy (LINE ID: @sxp6856c; Creator: Team AL)

  • mitchy bertujuan untuk mengubah kelas tradisional Jepang, dimana murid mendengarkan apa yang dikatakan oleh instruktur dan bukan mendorong belajar secara aktif. Chatbot ini menciptakan group chatsdimana murid-murid dapat menukar pesan secara anonim selama kelas berlangsung, memungkinkan mereka untuk merasa lebih nyaman dalam bertanya, dan mereka dapat mengulas pelajaran setelah kelas berlangsung dengan melihat History chat mereka. Hanya guru mereka yang dapat melihat nama-nama murid, guna menghindari potensi penyalahgunaan dan pelecehan di dalam chat room, sementara itu inovasi ini juga memungkinkan para guru melihat siapa yang secara aktif mengambil bagian dalam diskusi dan siapa yang mengalami kesulitan.
  • Kategori Start-Up ‘ 500,000 Yen
    EncodeRing (LINE ID: @uil3575g; Creator: EncodeRing Co.)

  • EncodeRing merupakan produsen aksesoris yang mengambil gelombang suara, musik dan suara lainnya untuk merancang dan menciptakan perhiasan yang unik dan dirancang khusus. Dengan LINE bot ini, pelanggan dapat dengan mudah membuat aksesoris mereka sendiri dengan mengirimkan pesan suara ke EncodeRing, lalu gelombang yang berasal pesan suara tersebut digunakan untuk merancang aksesoris yang dipesan. Chatbot ini dirancang agar secara alami berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang sama dengan penjaga toko, dan supaya pembuatan aksesoris dapat dilakukan dengan mudah dengan hanya memilih ukuran, bentuk, bahan dan factor-faktor lain dalam proses pembuatan.
  • http://encodering.com/aboutus/linenew/

    Kategori Lokalisasi ‘ 500,000 Yen
    NgampusBareng (LINE ID: @ngampusbareng; Creator: Teman Jalan; from Indonesia)

  • NgampusBareng adalah layanan untuk para mahasiswa untuk mencari tumpangan sepeda motor di Indonesia, negara yang terkenal dengan kemacetannya. Chatbot ini memungkinkan mahasiswa untuk mencari kendaraan yang terhubung dengan pengemudi yang tersedia melalui LINE. Saat ini layanan ini tersedia di lebih dari 50 kampus dan telah digunakan lebih dari 3000 kali di setiap kampus.pengemudi yang memberikan tumpangan kepada para mahasiswa akan mendapatkan point yang dapat ditukar dengan kupon dan keuntungan lainnya.

    Kategori Gaya Hidup ‘ 500,000 Yen
    Yamato Transport (LINE ID: @yamato_transport; Creator: Yamato Transport Co.)

  • Dengan menjadi teman di akun LINE Yamato Transport and menghubungkan ID Yamato dengan akun LINE mereka, pengguna dapat menggunakan LINE untuk menentukan tanggal pengiriman yang lebih mereka sukai, menerima pemberitahuan pengiriman, dan mengubah tanggal pengiriman, waktu dan lokasi. Pengguna juga mendapatkan pilihan untuk melakukan kegiatan ini melalui percakapan dengan Chatbot. Layanan lainnya termasuk membuat reservasi penerbitan label pengiriman (tersedia dengan jasa pengiriman yang dipilih)
  • http://www.kuronekoyamato.co.jp/webservice_guide/line_off.html

    Kategori Permainan ‘ 500,000 Yen
    OneNightWerewolf Bot (LINE ID: @nto6347b; Creator: Team 451Lab)

  • Chatbot ini memainkan peran sebagai ahli permainan di One Night Ultimate Werewolf. Pengguna dapat menyatakan keinginan mereka untuk berpartisipasi dalam permainan melalui chat pribadi, lalu permainan dimulai saat bot diundangan kedalam chat room dan pemain memerintahkan permainan dimulai. Kemudian pemain mengikuti instruksi yang diberikan oleh bot dan menukar dari chat pribadi dan group chat untuk bermain
  • https://twitter.com/LINE1NightJinro


    Kategori IoT / Beacon ‘ 500,000 Yen
    Yukiyama bot (LINE ID: @hlk9118m; Creator: Pizayanz)

  • Banyak pemain ski dan snowboarders pernah mengalami terpisah dari teman mereka di gunung bersalju (gunung bersalju merupakan yukiyama’ dalam bahasa Jepang). Akan tetapi dengan bot Yukiyama, hal tersebut bukan lagi menjadi masalah. Dengan hanya membuat group chat di LINE atau Facebook sebelum bermain di lereng dan menambahkan bot Yukiyama kedalam chat tersebut, kemudian lokasi semua anggota akan secara otomatis dibagikan di dalam chat melalui LINE Beacons yang didirikan di titik keberangkatan chairlift. Dengan memasang LINE Beacons di stasiun chairlift, restoran, area merokok, lereng, dan tempat-tempat lain di resor ski, pemain ski dan snowboarders tidak akan lagi menggunakan tangan mereka yang membeku dan menggunakan smartphone untuk secara manual mengkomunikasikan lokasi kepada teman mereka.
  • Kategori Group Chat ‘ 500,000 Yen
    Checkun (LINE ID: @rfy8689j; Creator: Team Checkun)

  • Checkun merupakan bot akuntansi yang beguna untuk mengurus tugas yang rumit dalam membagi biaya perjalanan dan acara yang melibatkan banyak orang. Bot ini memungkinkan pembayaran diantara sekelompok orang untuk didaftarkan, dioperasikan dan diselesaikan didalam group chat, memperudah proses dan membuat semuanya jelas untuk berbagai pihak.
  • Kategori Mesin Percakapan’ 500,000 Yen
    botnoi (LINE ID: @botnoi; Creator: Botnoi; from Thailand)

  • Dengan botnoi, pengguna dapat menikmati percakapan yang ramah seperti berbicara dengan teman. Bot ini mendukung percakapan pribadi serta group chat, dan berkomunikasi dalam bahasa Thailand, Inggris, Nepal, dan Cina. Selain chat sederhana, botnoi juga dapat mencari restoran terdekat, menyelenggarakan survey dengan 350,000 penggunanya dan lain-lain.


    Kategori Geek ‘ 500,000 Yen
    Shakure (LINE ID: @zhc1140s; Creator: Shakure Seisaku Iinkai)

  • Bot ini memungkinkan orang menghadiri acara untuk berbagi foto. Apabila LINE Beacons dipasang ditempat acara, penyelenggara dapat berbagi foto, slide presentasi, dan gambar lainnya kepada yang menghadiri acara dengan hanya mengirimkan data kepada akun bot. Layanan ini dapat memudahkan penyelenggara membagikan slideshow dan presentasi lain, agar peserta tidak perlu mengambil foto presentasi sendiri (dimana ruangan penuh dengan orang, dan peserta lain dapat terganggu). Lebih lanjut lagi, pada administrator, gambar dapat di ambil dengan kamera video, sehingga penyelenggara dapat mengambil gambar slide dan membagikannya tampa menerika salinan dari presentasi dari pembicara. Dan karena data teks dapatb dikirimkan melalui bot ini, pidato bahasa Inggris dapat langsung di terjemahkan kedalam bahasa lain secara real time.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again