Bukalapak mengumumkan pemenang Bukalapak Development Competition 2017 yang berhadiah lebih dari Rp250 juta.

Bukalapak Development Competition merupakan kompetisi yang ditujukan untuk para developer mengembangkan aplikasi mobilebaru yang berkaitan dengan Bukalapak, dengan menggunakan API Bukalapak baik di platform Android atau iOS. Kompetisi ini telah berhasil menjaring ratusan aplikasi mobile yang inovatif hasil karya para developer di seluruh Indonesia.

“Bukalapak Development Competition bertujuan untuk mendorong tumbuhnya ekosistem developer di Indonesia. Berbagai karya yang masuk menunjukkan bahwa kreativitas para developer Indonesia sangat luar biasa. 10 tim terbaik di tahap final telah dibimbing langsung oleh tim developer Bukalapak untuk penyempurnaan produk yang dihasilkan. Di tahap final ini juga akan disaring menjadi 5 tim terbaik yang berhak mendapatkan hadiah,” ujar Ibrahim Arief, VP of Engineering Bukalapak.

Penjurian kompetisi ini dilakukan oleh Ibrahim Arief (VP of Engineering Bukalapak), Zakka Fauzan Muhammad (VP of ProductBukalapak), Hasanul Hakim (Mobile Apps Developer Lead Bukalapak), Bayu Surya Adi Saputra (Product Manager Mobile AppsBukalapak) dan Devita Mira (UX Lead  Bukalapak). Penilaian pada kompetisi ini dinilai berdasarkan sejumlah aspek, diantaranya adalah ide dan implementasi. Ide produk yang diusulkan adalah ide yang paling inovatif, bermanfaat, aman dikembangkan, layak tampil (feasible), serta mudah diimplementasikan. Salah satu komponen penilaian yang paling penting adalah bagaimana peserta bisa melakukan eksekusi ide yang dimiliki menjadi sebuah mobile apps yang bagus serta berguna bagi masyarakat.

Juara 1 adalah Tim BukaLelang dengan aplikasi mobile BukaLelang. Aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah lelang secara online yang selama ini hanya bisa dilakukan di media social dan secara manual. Sehingga dengan hadirnya platform BukaLelang akan membantu memudahkan masyarakat dalam hal lelang dan akan meminimalisir kecurangan maupun kerugian lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini bisa diakses secara realtime oleh user. Selain itu BukaLelang ini aman, mudah dan terpercaya,

“Ini merupakan pengalaman berharga serta motivasi bagi saya untuk terus belajar dan mengembangkan minat saya terhadap duniamobile. Saya merasa tertantang dan berharap dapat berkontribusi kelak untuk negeri melalui minat saya ini”, ujar Diky Arga perwakilan dari Tim BukaLelang.

Juara 2 adalah Tim GG Vol.2 dengan aplikasi mobile BukaKayakGini, yang merupakan aplikasi jual beli online dimana pembeli bisa mengajukan barang yang diinginkan ke semua pelapak, dan pelapak yang memiliki barang sesuai dengan permintaan pembeli akan langsung menawarkannya. Setelah itu pembeli akan memilih barang yang ditawarkan oleh pelapak sesuai dengan keinginan pembeli. Aplikasi ini juga bertujuan membuat pelapak lebih aktif dalam menawarkan produknya.

“Kami berharap kompetisi ini kedepannya secara konsisten kami selenggarakan agar terus mewadahi kreativitas para developer di Indonesia untuk menaikkelaskan UKM serta mampu memberikan nilai tambah bagi para pengguna Bukalapak di seluruh Indonesia,” tutup Ibrahim Arief.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.