Oleh
20 days ago

Detail Artikel Melalui Program #PahlawanDigital, Jagoan Hosting Berkolaborasi dengan Kemenkominfo dan BLANJA.com Bantu UKM ‘Go Online’

Melalui Program #PahlawanDigital, Jagoan Hosting Berkolaborasi dengan Kemenkominfo dan BLANJA.com Bantu UKM ‘Go Online’

Jagoan Hosting, penyedia layanan web hosting di Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta market place Blanja.com menggelar kegiatan Roadshow #PahlawanDigital yang ke-10 bertema UMKM Go Online Road to One Million di aula lantai 5 Gedung Rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim, Senin (4/9). Kegiatan yang dihadiri 750 UMKM ini juga didukung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Malang.

Roadshow merupakan tahapan pertama dari rangkaian #PahlawanDigital yang dihelat sejak Mei lalu. Dalam kegiatan ini, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau selanjutnya akan disebut UMKM dipertemukan dengan generasi millenial yang melek internet.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada UMKM untuk memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produk. Selama ini UMKM mengalami kendala dalam pemasaran lantaran masih banyak yang belum memaksimalkan internet.

“Salah satu kendala utama dari UMKM di Indonesia adalah mereka mampu menciptakan produk yang berkualitas, namun proses penjualannya masih menggunakann sistem konvensional. Faktor kurang memanfaatkan teknologi jadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu melalui gerakan ini, diharapkan muncul para pahlawan-pahlawan digital yang akan membantu UMKM untuk go online,” tutur inisiator #PahlawanDigital, Gatot Wahyu.

Dalam Roadshow #PahlawanDigital ke-10 hadir sejumlah pembicara yang berbagi pengalamannya dalam mengingkatkan penjualan produk melalui digital. Mereka adalah founder UMKM Jagoan, Dias Satria, founder UKMMalang.com, Adi Saraceno dan founder RIF Photography, Arief Sinchan.

UMKM yang mengikuti kegiatan #PahlawanDigital diharapkan dapat meningkatkan semangat sejuta UMKM go online yang dicanangkan Kominfo. Melalui semangat UMKM go online juga, Indonesia diproyeksikan akan jadi kekuatan ekonomi terbesar di Asia dengan nilai transaksi e-commerce mencapai USD 130 milyar.

Setelah Roadshow berakhir, tahapan berikutnya dalam #PahlawanDigital adalah Breakout dimana UMKM dan anak muda akan mengikuti kegiatan match making agar mereka dapat berkolaborasi. Selanjutnya para pahlawan digital ini akan mendapat bimbingan selama tiga bulan untuk memaksimalkan pengetahuan mereka tentang bisnis dan dunia digital agar dapat diimplementasikan pada UMKM yang mereka pilih. Sebanyak 100 UMKM dan 150 anak muda akan diseleksi untuk terus mengikuti rangkaian kegiatan hingga akhir.

Saat ini program #PahlawanDigital baru terselenggara di kota Malang karena kota apel ini memiliki potensi besar untuk dapat go online. Menurut Dinas Koperasi dan UKM kota Malang, jumlah UMKM sudah mencapai 70.000 di seluruh kota dan kabupaten Malang. Artinya pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia di kota ini terus meningkat setiap tahunnya.

 



  
 
Home
 Business  Lifestyle

Copyright © 2008-2015 PT Digital Startup Nusantara. Powered by Cloudkilat